Open House ITB Kampus Jakarta: Pengenalan Pendidikan Non Reguler dan Pascasarjana Multidisiplin

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


JAKARTA, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jakarta mengadakan acara Open House untuk lebih mendekatkan diri dengan para calon mahasiswa, peserta pelatihan, dan mitra ITB di Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu-Kamis (29-30/5/2024) di ITB Kampus Jakarta, Gedung Graha Irama lantai 12, Kuningan, Jakarta Selatan.

Open House ITB Kampus Jakarta kali ini mengusung tema "Limitless Education: Empowering Change, Inspiring Futures".

Dalam kesempatan ini, Kepala Direktorat Pendidikan Non Reguler ITB, Prof. Ir. Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan sambutannya. “Besar harapan kami, kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terutama dalam memberikan alternatif bagi masyarakat banyak secara inovatif dan disruptif untuk mengenyam pendidikan di ITB melalui Pendidikan Non Reguler dan multidisiplin sekaligus memberikan makna ITB bagi lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Beliau juga berharap dengan adanya agenda Open House ITB Jakarta dapat semakin membuka peluang kolaborasi serta kerja sama antara ITB dengan berbagai mitra.

Kehadiran ITB Kampus Jakarta merupakan komitmen dari ITB untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri. Salah satu langkah inovatifnya dalah dengan memperkenalkan program multidisiplin.

Dekan Sekolah Pascasarjana ITB, Prof. Dr. Suprijadi, M. Eng., mengatakan bahwa program multidisiplin menggabungkan berbagai bidang keilmuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas dan mampu menyelesaikan masalah kompleks secara holistik.

"Program Magister Multidisiplin berdiri untuk menjawab tantangan yang berubah secara cepat dan dinamis seiring berkembangnya sektor teknologi. Untuk itu, hal ini sangat membutuhkan pengetahuan yang luas, sehingga diperlukan pengembangan yang bersifat kolaboratif, multidisiplin, dan interdisiplin," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, ITB juga memperkenalkan berbagai inovasinya yakni platform ITB Continuing Education Center (ICE Center) dan ITB Hub yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Non-Reguler.

ITB Hub merupakan ruang yang akan menghubungkan mitra dan calon mitra dengan satuan unit ITB untuk bekerja sama dalam mengisi program strategis atau unggulan ITB.

Sedangkan ICE Center berperan sebagai platform pelatihan yang berfungsi sebagai wadah dalam mengembangkan potensi diri untuk mengisi kesenjangan kebutuhan non-gelar dan tidak terikat kurikulum formal serta dapat diakses oleh masyarakat luas dengan lebih mudah. Pada setiap kegiatan terdapat sesi konsultasi, yang memberikan kesempatan bagi peserta yang hadir untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait dengan berbagai peluang kerja sama dengan ITB terkait pendidikan dan penelitian. Adanya gap antara akademia dengan industri membuat perlunya penguatan kolaboratif untuk mengisi kompetensi tertentu.

“Kita tidak pernah berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajari kita semua,” ujar Kepala Subdirektorat Pendidikan Berkelanjutan Irwan Iskandar, S.T., M.T., Ph.D.

Agenda Open House ITB Jakarta diselenggarakan selama dua hari. Pada hari pertama Rabu, 29 Mei 2024, agenda dimulai dengan pengenalan dari Direktorat Pendidikan Non Reguler ITB, Pengenalan ICE Center, Pengantar mengenai Program Magister Multidisiplin, Talkshow: “Smart Medicine (Smart-X dan Teknologi Kesehatan)“, Pemaparan Pusat Penelitian Fakultas/Sekolah (SF, STEI, SITH, FITB, FTMD, dan FTTM), dan dipungkas dengan Talkshow: "Peran ITB dalam Pengembangan Produk Hasil Riset untuk Kemajuan Bangsa - Studi kasus: Energi Baru Terbarukan dan Pemanfaatan Karbon Dioksida & Gas Suar (CCS & CCUS)". Adapun program Magister Multidisiplin yang dibuka, antara lain: (1) Teknologi Nano; (2) Teknologi Kesehatan; (3) Pendidikan Sains 4.0; (4) Digital Technopreneurship; (5) Smart-X; (6) Material Baterai; (7) Kebencanaan; (8) Pariwisata Hayati Berkelanjutan; (9) Kepemimpinan Berbasis Desain.

Sementara itu, kegiatan di hari kedua, Kamis, 30 Mei 2024, akan dimulai dengan sambutan Rektor ITB, pengantar mengenai Biro Kemitraan ITB, Launching ITB Hub dan ICE Center, Penandatanganan beberapa MoU, Konferensi Pers, Talkshow: "Limitless Education: Empowering Change, Inspiring Futures", Trial Class Training, dan dipungkas dengan kegiatan Pemaparan Pusat Penelitian Fakultas/Sekolah (FSRD, FTI, FMIPA, FTSL, SAPPK, dan SBM).

Tak hanya itu, terdapat pula pameran produk penelitian dan inovasi pusat-pusat penelitian yang ada di ITB di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (LPIT) ITB. Kemudian ada agenda trial class, yang menyuguhkan pengalaman langsung kepada peserta yang hadir untuk mencoba atmosfer pembelajaran di ITB. Peserta bisa mendapatkan pengalaman di beberapa kelas dengan isu populer, di antaranya: Penggunaan AI dan Big Data di Sektor Renewable Energy, Intercultural Communication for Leader, dan Asset Integrity Management.

Reporter: Najma Shafiya (Teknologi Pascapanen, 2020) dan Anggun Nindita


scan for download