ITB Integrated Day 2011: Bantu Jembatani Lulusan Perguruan Tinggi dengan Industri

Oleh Muhammad Fikri

Editor Muhammad Fikri

ITB Integrated Career Day 2BANDUNG, itb.ac.id - Titian Karir Tepadu (Integrated Career Day) adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh ITB Career Center. Ajang ini merupakan yang kedua belas sejak pertama kali diadakan pada tahun 2000. Dengan latar belakang untuk memfasilitasi kebutuhan industri dan para lulusan perguruan tinggi, ITB Integrated Career Day diselenggarakan selama tiga hari, yaitu Jumat - Minggu (01-03/04/11), bertempat di Aula Barat dan Aula Timur ITB.
Dalam acara tersebut, pengunjung dapat bertemu langsung dengan perusahaan-perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan di pameran industri. Selain pameran industri, pada ajang ini juga diselenggarakan presentasi perusahaan, seminar, dan rekrutmen tenaga kerja. Presentasi perusahaan dibagi menjadi beberapa sesi yang menghadirkan perwakilan perusahaan menjelaskan tentang pengalaman bekerja dan berbagai hal lainnya.

Ammar, salah seorang pengunjung menuturkan kesannya seusai mengunjungi pameran industri. "Acara ini sangat menarik, banyak perusahaan-perusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan," tutur Ammar. "Selain itu, saya berharap agar event seperti ini sering diadakan karena semakin banyak lulusan perguruan tinggi yang mencari pekerjaan," Ammar menambahkan.

Acara ini diisi oleh stand dari 36 perusahaan nasional dan multinasional, antara lain Astra International; Pamapersada Nusantara; United Tractors; Krakatau Engineering; Formulatrix; Jaya Konstruksi; Aplikanusa Lintas Arta; BNI; PT. Pelindo III; Schlumberger; Indocreative Indonesia; Saptaindra Sejati; Bursa Efek Indonesia; PT. Sulzer Turbo Services Indonesia; Prima Vista, Bank Bukopin Tripatra; Syariah Bukopin; Accenture; Schott Igar Glass; Triputra, Nestle; Thiess; Total E&P Indonesie; PT. Jati Sungkai; Trakindo; Bank DBS; Bank Mandiri; XL Axiata; ConnocoPhillips; Multipolar; PT. PTI; Artajasa

Penuhi Kebutuhan Industri dan Alumni ITB

ITB Integrated Career Day 1Rata-rata lulusan ITB memiliki masa tunggu selama 2-3 bulan setelah mendapatkan gelar sarjana, hal ini yang menjadi alasan diadakannya ITB Integrated Day menjelang wisuda ITB pada bulan April atau Oktober. ITB Career Center terus berupaya untuk memperpendek masa tunggu tersebut sehingga lulusan ITB dapat langsung bekerja dan industri dapat memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja dalam tempo yang singkat.

Selain Titian Karir Terpadu, ITB Career Center juga mengadakan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan ITB dalam dunia kerja, seperti pelatihan untuk memasuki dunia kerja, tawaran beasiswa untuk melanjutkan S2, dan mendatangkan langsung perusahaan untuk rekrutmen tenaga kerja.

scan for download