ITB Membuka Program SNMPTN-Peminatan Tahun 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Pada tahun 2022, Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jalur penerimaan program sarjana melalui seleksi jalur SNMPTN-Peminatan. Sebagaimana penerimaan SNMPTN Non-Peminatan, jalur SNMPTN-Peminatan merupakan bagian dari pelaksanaan seleksi SNMPTN di ITB.

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn., mengatakan, tujuan dibukanya Program SNMPTN-Peminatan ITB adalah sebagai upaya mendukung pengembangan ilmu-ilmu yang oleh ITB dikategorikan sebagai bidang ilmu strategis dalam pembangunan Indonesia. Sehingga membutuhkan dukungan khusus untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang memiliki keinginan kuat terhadap prodi tertentu.\

Program Studi Pilihan

Dalam seleksi SNMPTN-Peminatan, calon mahasiswa dapat langsung memilih program studi saat proses pendaftaran. Setidaknya ada 18 program studi yang ditawarkan dalam SNMPTN-Peminatan, yaitu:

1. Fisika (FMIPA-IPA)
2. Astronomi (FMIPA-IPA)
3. Kimia (FMIPA-IPA)
4. Rekayasa Pertanian (SITH-R)
5. Rekayasa Kehutanan (SITH-R)
6. Teknologi Pascapanen (SITH-R)
7. Meteorologi (FITB-G)
8. Oseanografi (FITB-G)
9. Teknik Geofisika (FTTM-G)
10. Teknik Geofisika (FTTM-C)
11. Teknik Kimia (FTI-G)
12. Teknik Fisika (FTI-G)
13. Manajemen Rekayasa (FTI-G)
14. Teknik Pangan (FTI-J)
15. Teknik Bioenergi dan Kemurgi (FTI-J)
16. Teknik Material (FTMD)
17. Perencanaan Wilayah dan Kota (SAPPK-G)
18. Kewirausahaan (SBM)

“Sebagai ilustrasi jika mahasiswa ingin memilih program studi Metereologi (FITB-G), dirinya dapat mengikuti seleksi program SNMPTN-Peminatan. Namun, mahasiswa yang ingin belajar di program studi Matematika (FMIPA-IPA), dirinya tidak perlu mengikuti program SNMPTN-Peminatan karena program studi Matematika tidak membuka jalur penerimaan SNMPTN-Peminatan,” ujar Naomi.

Selain hal tersebut, mahasiswa yang sudah diterima dalam program SNMPTN-Peminatan ITB tidak diperbolehkan untuk mengajukan perpindahan program studi dengan alasan apapun. Pendaftaran SNMPTN-Peminatan diadakan dari 14 Februari sampai 4 Maret 2022. Untuk mengetahui bagaimana tata cara pendaftaran dan persyaratan, info lebih lanjut dapat diakses melalui https://admission.itb.ac.id/home/berita/snmptn-peminatan



scan for download