ITB Raih Berbagai Penghargaan di Anugerah Diktiristek 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih berbagai penghargaan pada Anugerah Diktiristek tahun 2023, yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2023).

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng., mengatakan bahwa Anugerah Diktiristek ini berawal dari program Anugerah Humas dan Jurnalistik. "Kemudian kita perluas dengan Anugerah Diktiristek untuk perguruan tinggi dan seluruh mitranya," ujarnya pada sambutan yang diberikan.

Dia mengungkapkan perjalanan transformasi pendidikan tinggi selama beberapa tahun terakhir ini telah berjalan dengan akselaratif. Terbukti, Indonesia selama lima tahun ini disebutnya mengalami peningkatan daya saing tertinggi di Asia serta nomor dua di dunia.

"Alhamdulillah kini hasilnya mulai nampak dan dapat kita rasakan bersama," ungkapnya.

Dirinya meyakini program Merdeka Belajar Kampus Merdeka turut berkontribusi signifikan dalam capaian tersebut. Selain itu, adanya kolaborasi dari perguruan tinggi serta industri pun menjadi salah satu hal yang berdampak positif bagi pendidikan tinggi di Indonesia.

Anugerah Diktiristek sendiri diberikan sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi guna mendukung pelaksanaan program dan kebijakan pendidikan tinggi, riset, dan teknologi.

Pemberian anugerah juga adalah bentuk apresiasi kepada para mitra dari kementerian, lembaga, dunia usaha dan dunia industri, jurnalis, dan media yang telah berpartisipasi aktif dalam transformasi pendidikan tinggi.

Tahun ini Anugerah Diktiristek mengusung tema "Transformasi Pendidikan Tinggi", dalam hal ini mencakup pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), program Matching Fund dan Kedaireka.

Adapun perolehan anugerah untuk ITB pada Malam Anugerah Diktiristek 2023 antara lain:
-Anugerah Prioritas Nasional kategori Bidang Ekonomi Digital:
pemenang ketiga atas nama Prof. Dr. Ir. Nana Rachmana Syambas, M.Eng., dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
-Anugerah Kerja Sama kategori PTN BH sub kategori Kerja Sama dengan Pemerintah dan NGO Terbaik: bronze winner
-Anugerah Sumber Daya kategori Karya Inovasi Laboran (KILAB) untuk Pranata Laboratorium Pendidikan/PLP dan Laboran di Perguruan Tinggi: juara 2 atas nama Darmanto Ady Saputra, S.ST., dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
-Anugerah Humas kategori PTN BH sub kategori Laman: Silver Winner
-Anugerah Humas kategori PTN BH sub kategori Siaran Pers: Bronze Winner
-Anugerah PDDikti kategori PTN BH sub kategori Satker dengan Pelaporan PDDikti Terbaik: Silver Winner

Dengan adanya capaian prestasi ini, merupakan bukti apresiasi untuk kinerja ITB dalam mendukung penuh transformasi pendidikan tinggi. Tentunya penghargaan ini adalah hasil kolaborasi dari pimpinan, dosen, civitas academica, serta seluruh unit yang ada di ITB.

ITB sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) di Indonesia pun terus berkomitmen untuk aktif mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, hingga dapat bersaing tidak hanya dalam tingkat nasional namun juga dalam kancah global.


scan for download