ITB Sambut Ribuan Mahasiswa Baru Pascasarjana dan Profesi Semester I TA 2024/2025

Oleh Anggun Nindita -

Editor Muhammad Efriza Pandia


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana dan Profesi yang diselenggarakan secara luring, Kamis (15/8/2024) di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Kemudian pengantar Program Pascasarjana dan Profesi yang disampaikan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Suprijadi, M.Eng., serta Direktur Pendidikan Non Reguler, Prof. Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D.

Dilanjutkan dengan pengarahan mahasiswa baru Program Pascasarjana yang dijelaskan oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Pengembangan, dan Kerjasama, Prof. Dr.rer.nat. apt. Sophi Damayanti, M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Penjaminan Mutu, Prof. Dr.mont. Mohammad Zaki Mubarok, M.T.

Sesi terakhir agenda PMB ini diisi dengan inspiring talk dengan tema "Penelitian dan Publiasi Bereputasi: Sukses kuliah Pascasarjana", dengan narasumber Guru Besar dalam Bidag Spektroskopi Molekul Material Maju FMIPA ITB Prof. Dr. Veinardi Suendo, S.Si., M.Eng. Lalu turut menjadi moderator yakni Dosen dari KK Rekayasa Struktur FTSL ITB Prasanti Widyasih Sarli, S.T., M.T., Ph.D.


Menurut data per tanggal 13 Agustus 2024, PMB Program Pascasarjana dan Profesi semester I Tahun Akademik (TA) 2024/2025, ITB menerima sebanyak 1.699 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri dari 1.373 mahasiswa Program Magister dan 130 Program Doktor.

Kemudian pada Program Profesi, terdapat 196 mahasiswa dengan rincian sebanyak 156 orang diterima pada Program Profesi Insinyur dan 40 mahasiswa diterima pada Program Apoteker.

"Selamat menjadi bagian dari civitas akademika ITB, suatu komunitas akademik terbaik yang telah memiliki sejarah panjang dalam sejarah Bangsa Indonesia. Selamat memulai perjalanan sebagai mahasiswa untuk mempersiapkan diri menuju karir yang cemerlang di masa mendatang," ujar Prof. Jaka.

Beliau pun memberikan pesan kepada mahasiswa baru agar menjadi sosok yang dapat menginspirasi dan melangkah maju menjadi pemimpin masa depan.

"Jadilah sosok yang memberikan manfaat, memudahkan orang lain dan senantiasa mau belajar, dan memiliki semangat inovatif untuk menjawab berbagai tantangan Indonesia di masa depan," tuturnya.


scan for download