ITB Terbaik 1 JDIHN Award 2024 Kategori Perguruan Tinggi

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

JAKARTA, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) ditetapkan sebagai Anggota JDIHN Terbaik 1 Kategori Peguruan Tinggi pada Pertemuan Nasional Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Tahun 2024 bertema "JDIHN Berkualitas Meningkatkan Literasi dan Kepatuhan Hukum", di Aston Kartika Grogol Hotel and Conference Center, Jakarta Barat, Kamis (22/8/2024).

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Kantor Hukum ITB, I Wayan Gunada, S.H., M.H. Prestasi ini menjadi bukti komitmen ITB dalam pengelolaan dokumen hukum.

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) adalah jaringan yang bertujuan menyediakan akses yang mudah dan cepat terhadap informasi hukum bagi masyarakat. Dengan menjadi anggota JDIHN, ITB berkontribusi dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum.

ITB sangat menyadari JDIH merupakan sesuatu yang sangat penting dan menjadi komitmen Rektor ITB. Melalui JDIH ITB, diharapkan digitalisasi dokumen dan informasi hukum ITB dapat dikelola dengan baik. Dengan begitu, tujuan pemberian informasi hukum dan arsip dokumen hukum dapat dicapai secara maksimal.

JDIH ITB yang beralamat di https://jdih.itb.ac.id merupakan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan. Sekaligus sebuah sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan tepat, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.

Prestasi ini tidak hanya membanggakan ITB, tetapi juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi seluruh sivitas akademika dan masyarakat luas. Dengan sistem pengelolaan dokumen hukum yang baik, ITB dapat meningkatkan kualitas layanan hukum, mempercepat proses pengambilan keputusan, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

Sebelumnya, pada tahun 2022, ITB menerima penghargaan sebagai anggota JDIH Perguruan Tinggi Terintegrasi dengan JDIHN di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Adapun pada tahun 2023, ITB mendapatkan penghargaan sebagai Anggota JDIHN Terbaik II Tahun 2023 Tingkat Perguruan Tinggi dari Kemenkumham RI. Prestasi ITB tersebut tidak lepas dari restrukturisasi berkas-berkas yang ada di ITB. Lalu secara tertib dan berkesinambungan dokumen maupun berkas-berkas tersebut dikumpulkan sehingga menjadi sebuah panduan pelayanan informasi yang lengkap.

Keikutsertaan ITB sebagai bagian dari JDIH Nasional, ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menkumham RI Nomor. M.HH-4.HN.03.08 Tahun 2022 tentang Penetapan Anggota Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional yang Terintegrasi dengan Portal JDIHN.GO.ID. Diharapkan dengan partisipasi aktif ITB dalam pengelolaan JDIH secara nasional, akan menguatkan eksistensi dan peran fungsi hukum ITB secara kelembagaan, serta mampu menjadi contoh baik dalam upaya membangun peradaban hukum di lingkungan perguruan tinggi.


scan for download