ITB Terima Kunjungan dari Czech Technical University (CTU), Bahas Kelanjutan Kolaborasi di Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyambut kunjungan dari Czech Technical University (CTU) di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Jumat (06/10/2023). Pertemuan ini membahas potensi kelanjutan kerja sama antara kedua institusi pendidikan tinggi dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan.

Dalam kesempatan tersebut, Vice-Rector for Quality Management CTU, Ing. Radek Holy, Ph.D., bertemu dengan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., Kepala Biro Kemitraan, Prof. Dr. Taufiq Hidajat, D.E.A., Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Eng. Suprijadi, M.Eng., Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, M.T., Kepala Bagian Pengelolaan Kemitraan, Alfend Rudyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Kepala Bagian Hubungan Internasional, Andika Putra Pratama, MSM., Ph.D., dan Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa, Irvan Christiawan, S.T.

Czech Technical University (CTU) adalah salah satu universitas terbaik dan terbesar di Ceko. Universitas teknik tertua di Eropa Tengah sekaligus universitas teknik sipil tertua di dunia tersebut menyediakan berbagai program pendidikan, yakni sarjana, pascasarjana, dan doktoral, yang terbagi dalam 8 fakultas. Fakultas-fakultas tersebut mencakup Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Mesin, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Ilmu Nuklir dan Teknik Fisika, Fakultas Arsitektur, Fakultas Ilmu Transportasi, Fakultas Teknik Biomedis, dan Fakultas Teknologi Informasi.

Selain itu, CTU menawarkan program-program di 6 institut yang tergabung di dalamnya, yaitu Masaryk Institute of Advanced Studies, Klokner Institute, Institute of Technical and Experimental Physics, University Centre for Energy Efficient Buildings, Czech Institute of Informatics, Robotics and Cybernetics, dan Institute of Physical Education and Sport.

Dalam kunjungannya, Ing. Radek Holy, Ph.D., membagikan pengalaman positif dari kerja sama di bidang teknik yang terjalin antara CTU dan ITB. Adapun Dekan FTMD Prof. Tatacipta Dirgantara menyampaikan bahwa 30 hingga 40 mahasiswa CTU telah berpartisipasi dalam program pertukaran, baik melalui program double degree maupun supervisi bersama dalam program doktor di bidang Teknik Mesin dan Teknik Dirgantara ITB. Beliau juga mengungkapkan minat untuk melanjutkan kerja sama ini, khususnya dengan jurusan-jurusan yang tergabung dalam Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB.

ITB pun menyambut baik upaya memperluas kerja sama tersebut dan berfokus pada bidang-bidang penelitian bersama. Salah satu topik yang dibahas adalah potensi kolaborasi dalam bidang keamanan siber (cyber security), yang menjadi isu penting di era digital saat ini.

Selain itu, delegasi dari CTU dan ITB membahas kemungkinan program pertukaran mahasiswa, yang akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari kedua institusi untuk belajar dan berkolaborasi di lingkungan akademik yang berbeda. Hal ini diharapkan memperkuat ikatan antara kedua universitas dan menciptakan peluang baru untuk penelitian bersama dan pertukaran ilmu pengetahuan.

Pihak ITB pun berbicara tentang upaya memperkenalkan Czech Republic sebagai destinasi pendidikan yang menarik bagi mahasiswa Indonesia. Mengingat Czech Republic memiliki kota-kota yang indah dan biaya hidup yang terjangkau, menawarkan potensi besar sebagai alternatif yang menarik.

Pertemuan ini diharapkan menjadi awal dalam memperkuat kerja sama antara CTU dan ITB dalam berbagai bidang, terutama di bidang teknik. Kedua belah pihak optimistis kolaborasi yang akan dilakukan membawa manfaat besar bagi perkembangan akademik dan penelitian di kedua negara.

Hal ini menjadi bukti komitmen ITB terus membuka pintu bagi kolaborasi internasional yang bermanfaat dan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa melalui program pertukaran (student exchange) maupun program double-degree, salah satunya dengan Czech Technical University in Prague (CTU).

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download