Jawara di Panggung Internasional, Tim Mahasiswa Teknik Perminyakan ITB Juara Petrobowl Asia Pacific Regional Qualifiers 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id-Tim Mahasiswa Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menorehkan capaian gemilang dengan menjadi juara dalam PetroBowl Asia Pacific Regional Qualifiers (APRQ) 2023.

Tim ini terdiri dari lima mahasiswa teknik perminyakan, yaitu Salman Naufal, M Inwan Kusuma, Lukman Abdiansyah, Seli Yovanka Lidiawati, dan Yusuf Kurniawan.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Society of Petroleum Engineering (SPE) dari tanggal 7-9 Juli 2023 di Universitas Trisakti. Pada kompetisi yang berbentuk cerdas cermat ini, setiap tim diuji pengetahuannya tentang segala hal terkait industri migas.

“Kompetisi PetroBowl merupakan ajang terbesar bagi mahasiswa teknik perminyakan dan diikuti oleh perwakilan SPE Student Chapter dari seluruh dunia. Para peserta harus menjawab pertanyaan dalam kuis cerdas cermat yang meliputi berbagai topik industri minyak dan gas bumi," ujar Yusuf Kurniawan, salah satu anggota tim saat diwawancara Reporter Humas ITB.

Ia menambahkan, materi diujikan tersebut mencakup pengetahuan dasar dalam bidang teknik perminyakan seperti reservoir, geologi, pengeboran, data sains, keselamatan, lingkungan, statistik industri, isu energi terkini, dan materi-materi lainnya.

Sebagai perwakilan ITB, kelima mahasiswa pada tim ini telah menjalani seleksi internal kampus dan pelatihan intensif yang diselenggarakan oleh SPE ITB SC selama sebulan. Oleh karena itu, tim ITB dapat lebih percaya diri dan siap untuk berkompetisi. Salah satu anggota tim, Seli Yovanka (Teknik Perminyakan 2020) menceritakan bagaimana perjuangan mereka mengikuti lomba tersebut sampai akhirnya kemenangan.

“Pada kompetisi ini, kami dihadapkan tantangan besar dari 20 tim pesaing yang berasal dari Asia Pasifik, seperti China, Filipina, Vietnam, dan Malaysia. Pada putaran awal sampai semifinal, kami dipertemukan dengan UPN 'Veteran' Yogyakarta, Universitas Indonesia, dan PEM Akamigas Cepu," ceritanya.

Bagi Seli, momen paling berarti terjadi saat timnya berada di babak final dan berhadapan dengan tim dari Batangas State University, Filipina.

"Pertarungan tersebut sangat sengit, tetapi dengan tekad dan kerja keras, kami mampu melakukan comeback di detik-detik terakhir dan memenangkan pertandingan dengan selisih tipis 5 poin,” ujarnya.

Kemenangan ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi teknik perminyakan ITB. Dengan menjuarai kompetisi ini, Tim ITB berhak mewakili region Asia Pasifik dalam PetroBowl World Championship yang akan diadakan di San Antonio, Texas, Amerika Serikat, pada 16 sampai 18 Oktober 2023 mendatang. Semoga mereka dapat mengukir prestasi yang membanggakan untuk nama baik Indonesia di panggung internasional.

Reporter: Afgha Izzam Tursina (Teknik Perminyakan, 2020)


scan for download