JAYSES 2008: 5 Mahasiswa ITB Mewakili Indonesia

Oleh niken

Editor niken

BANDUNG, itb.ac.id - Japan-Asia Young Scientist and Engineer Study Visit (JAYSES) merupakan program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh Tokyo Tech Internasional Office. Dalam rangkaian program JAYSES 2008, mahasiswa yang terpilih berkunjung ke Thailand dan Indonesia dan melakukan beberapa aktivitas seperti mengunjungi industri lokal, kepemerintahan, dan universitas-universitas baik di Thailand maupun Indonesia. Pada JAYSES tahun 2007 silam, program ini berlangsung antara Jepang dan Thailand saja, karena tahun lalu merupakan peringatan ke-120 hubungan diplomasi keduanya.
Tahun 2008 merupakan tahun ke-50 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang. Memperingati hal tersebut, Japan-Asia Young Scientist and Engineer Study Visit (JAYSES) kali ini mengikutsertakan Indonesia untuk turut berpartisipasi. JAYSES 2008 diikuti oleh tim dari Tokyo Insitute of Technology (Jepang), Chulalongkom University (Thailand), Sirindhorn International Institute of Technology (Thailand), Kasetsart University (Thailand), dan dari Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung. Tim Indonesia dalam JAYSES 2008 beranggotakan 5 mahasiswa Institut Teknologi Bandung, 1 mahasiswa Universitas Indonesia dan 1 mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Keenam anggota perwakilan Indonesia adalah Amirah Kaca Sumarto (Teknik Industri'06), Adiguna Sasama Wahyu Utama (Biologi'05), Meilani Martini (Arsitektur'05), Viesda Desi Pithaloka (Planologi'05), Wahyu Bagus Yuliantok (Planologi'04), dan Annisa Utami (Fakultas Teknik UGM).

Minggu(24/8) lalu, tim perwakilan dari Jepang dan Indonesia tiba di Bangkok. Rangkaian acara pertama JAYSES 2008 dimulai keesokan harinya, Senin(24/8) berupa kunjungan mahasiswa ke PTT Research Institute (salah satu perusahaan minyak di Thailand) dan National Science and Technology Development Agency (NSTDA). Hingga Rabu(27/8), acara diisi dengan kunjungan-kunjungan ke perusahaan seperti TNI, NISSAN, dan Sima DENSO, serta pelaksanaan student forum di Kasetsart University, Bangkok. Pada acara student forum, masing-masing tim dari Jepang, Thailand, dan Indonesia menampilkan presentasi yang terdiri dari 4 topik, yaitu mengenai Educational System di Thailand, Jepang, dan Indonesia, Technology Transfer and Human Resource Management di tiga negara tersebut, Global Warming, dan yang terakhir mengenai ODA (Official Development Assistant) dari Jepang ke Indonesia. Student forum dilanjutkan pada hari ini(29/8), di Campus Center BaratInstitut Teknologi Bandung, dengan topik yang sama. Lalu selanjutnya student forum ini akan diadakan di Universitas Indonesia pada hari Selasa(2/9). Acara kunjungan para peserta JAYSES 2008 akan dilanjutkan di Jakarta mulai hari Senin(1/9). Perusahaan yang akan dikunjungi antara lain Matsushita Global, Pertamina, dan Lamigas. Acara JAYSES 2008 akan ditutup hari Kamis(4/9).

Diharapkan dengan adanya JAYSES 2008 ini, mahasiswa Jepang tertarik untuk menuntut ilmu di luar Jepang, dan begitu juga dengan mahasiswa Thailand dan Indonesia, supaya tertarik untuk meraih pendidikan di negara Jepang. Para peserta JAYSES 2008 akan mendapatkan banyak ilmu menarik mengenai kebudayaan dan informasi pendidikan di Jepang, Thailand, dan Indonesia. "Semoga setelah acara JAYSES ini usai pun networking antara Indonesia, Jepang, dan Thailand terus berlanjut di bidang pendidikan," ujar Kaca dan Viesda, sebagai anggota perwakilan Indonesia di JAYSES 2008.

scan for download