Kerjasama ITB dengan TVOne dalam Rehabilitasi Pasca Gempa di Tasikmalaya

Oleh alitdewanto

Editor alitdewanto

BANDUNG, itb.ac.id- Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan TVOne melalui Program TVOne Peduli Bangsa melakukan rehabilitasi bangunan di Cigalontang, Tasikmalaya akibat gempa bumi yang melanda daerah ini setahun yang lalu. Rekonstruksi yang dilakukan yakni bangunan puskesmas beserta rumah dinas di Cigalontang, Tasikmalaya. Acara peresmian sendiri berlangsung di Tasikmalaya pada Senin (06/12/2010). Hadir dalam peresmian tersebut Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, serta Gubernur Jawa BArat, Dr. Ahmad Heryawan.

Pada awalnya, kedua bangunan ini hancur lebur akibat gempa. Tim rekonstruksi dari ITB sendiri dimotori oleh Prof. Iswandi (Teknik Sipil) untuk urusan struktur bangunan, serta Dr. Eko Purwono (Arsitektur) sebagai perancang gedung. Beda elevasi diantara kedua bangunan itu sekitar 1.5-2 m. Dimana posisi puskesmas ada di atas rumah dinas.

Untuk keamanan terhadap bahaya gempa, kedua bangunan ini akan didesain satu setengah kali lipat dibandingkan dengan bangunan standar. Karena keterbatasan lahan, bangunan posisi puskesmas tidak bisa dijauhkan dari tepi tebing. Oleh karena itu, dibuatlah pondasi bored pile dengan diameter 400 mm di sekitar tebing dalam tahap pelaksanaannya. Kedalamannya mencapai 6 meter.

Foto terkait:


scan for download