Kick Off Wakaf Pembangunan Masjid ITB Kampus Cirebon: Kolaborasi ITB, BSI dan BSI Maslahat

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok Humas ITB/Iko Sutrisko Prakasa Lay

CIREBON, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan BSI Maslahat melaksanakan kick off wakaf pembangunan Masjid ITB Kampus Cirebon pada Selasa (2/7/2024) di ITB Kampus Cirebon, Arjawinangun, Cirebon, Jawa Barat.

ITB Kampus Cirebon merupakan salah satu pengembangan multikampus ITB, guna membangun riset yang unggul di masa depan sekaligus untuk berkontribusi dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam skala regional, nasional, maupun internasional.

Direktur Direktorat Kampus ITB Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiwan, M.T., mengatakan bahwa pembangunan masjid ini merupakan salah satu upaya penting pengembangan ITB Kampus Cirebon untuk semakin menciptakan atmosfer akademik yang kondusif. Sekaligus sebagai langkah untuk mendukung kemajuan pendidikan.

"Pembangunan masjid ini merupakan salah satu langkah penting dalam pengembangan ITB Kampus Cirebon agar semakin representatif dan berwawasan global," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan ITB, Prof. Ir. Muhamad Abduh, M.T., Ph.D., menjelaskan mengenai konsep pembangunan masjid ITB Kampus Cirebon ini. Masjid tersebut akan memiliki dua lantai dan mempunyai desain dengan mengusung budaya khas Cirebon.

"Nanti disebutnya dengan nama Masjid Merah. Desainnya tentu tetap mengedepankan budaya yang ada di Cirebon. Diharapkan masjid ini tidak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi sivitas akademika, namun juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," kata Prof. Abduh.

Dalam kesempatan ini, BSI sebagai mitra ITB juga meluncurkan program Deposito Wakaf dengan seri-04 untuk Masjid ITB Kampus Cirebon.

Dok Humas ITB/Iko Sutrisko Prakasa Lay

Sementara itu, RCEO BSI Regional Bandung, Fitria Ekayani mengatakan kerja sama BSI, BSI Maslahat dan ITB adalah sebuah upaya bersama untuk memperkuat komitmen dalam mendukung kemajuan pendidikan dan dakwah di Indonesia.

"BSI berkomitmen untuk selalu hadir dan berkontribusi dalam pembangunan masjid di berbagai daerah, termasuk di ITB Cirebon ini," ucapnya.

"Kami berharap program BSI Deposito Wakaf ini dapat membantu mewujudkan cita-cita ITB Cirebon dalam membangun masjid yang bermanfaat bagi sivitas akademika dan masyarakat sekitar," lanjutnya.

Dengan adanya kolaborasi ini, dapat semakin memperkuat peran ITB sebagai kampus yang unggul dalam sains, teknologi, sosial humaniora, dan dapat mencetak sumber daya yang unggul.


scan for download