Kopi Sore di ITB Kampus Cirebon, Wadah Diskusi dan Aspirasi Mahasiswa

Oleh Adi Permana

Editor -


CIREBON, itb.ac.id—Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB menyelenggarakan acara Kopi Sore di kampus ITB Cirebon. Acara ini merupakan sebuah program yang dirancang oleh Keresidenan KM Multikampus Cirebon berkolaborasi bersama Ditmawa ITB khusus sebagai wadah diskusi antara mahasiswa ITB Cirebon dengan pihak Direktorat Kampus ITB.

Berlokasi di Selasar Gedung A ITB Cirebon pada 7 Februari 2023 pukul 15.22 hingga selesai, kegiatan ini diramaikan oleh mahasiswa ITB Kampus Cirebon dari berbagai jurusan. Warna-warni jaket himpunan terlihat memadati selasar Gedung A yang biasanya sepi. Rupanya mahasiswa sangat antusias mengikuti acara ini karena mereka menganggap bahwa acara Kopi Sore ini adalah sebuah kesempatan untuk menyampaikan aspirasi maupun permasalahan-permasalahan yang dialami olehnya.

Gubernur KM Multi Kampus ITB Cirebon, Rafli Irham, menyampaikan bahwa diskusi mahasiswa dengan direktorat kampus ITB ini sangatlah penting. Mahasiswa membutuhkan wadah yang tepat untuk menyampaikan keluhan-keluhan terkait penyelenggaraan kegiatan perkuliahan sehingga bisa dijawab dengan segera dan tepat sasaran. Selain itu kegiatan ini pun diharapkan mampu menjadi ajang refleksi dan evaluasi bagi seluruh civitas akademik di ITB Kampus Cirebon.

Direktur Kemahasiswaan ITB Dr. G. Prasetya Adhitama, S. Sn., M. Sn., menyampaikan bahwa kegiatan Kopi Sore ini, selain sebagai wadah diskusi, diharapkan juga dapat merangsang mahasiswa untuk menumbuhkan atmosfer akademik di lingkungan kampus ITB Cirebon.

Dari kegiatan Kopi Sore pun aspirasi dan permasalahan yang disampaikan oleh mahasiswa akan diterima dan direspons secara bertahap melalui program-program yang berkelanjutan oleh pihak Direktorat Kampus ITB Jatinangor.


Sesi diskusi dalam acara ini berlangsung dengan intens. Kegiatan ini pun telah berhasil menjadi wadah diskusi sebagaimana tujuan pelaksanaannya. Pihak Ditmawa secara terbuka menyampaikan bagaimana rencana dan strateginya dalam mengembangkan kampus ITB Cirebon.

Reporter: Andri Maulana (Teknik Pertambangan, 2020)


scan for download