Kuliah Umum Market Research dan Nielsen Challenge: Kompetisi Susun Strategi Pemasaran
Oleh Fathir Ramadhan
Editor Fathir Ramadhan
Dekan Fakultas Teknologi Industri Dr. Ir. Dwiwahju Sasongko dan Ketua Program Studi Teknik Industri Dr. Ir. Tota Simatupang menghadiri acara ini. Pada sambutannya, Dwiwahju menekankan agar pada kuliah-kuliah umum seperti ini mahasiswa memanfaatkan semaksimal mungkin, dengan menyimak dan aktif mengajukan pertanyaan kepada para pakar yang memberikan mata kuliah.
Market research merupakan penelitian mengenai konsumen dan pemasaran. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai minat, tingkah laku, dan kebiasaan konsumen. Aktivitas ini merupakan komponen penting strategi bisnis karena menentukan strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produk. Pengertian perusahaan akan minat konsumen merupakan elemen kunci yang menentukan daya saing perusahaan.
Nielsen Challenge
Selain memberikan kuliah umum, Nielsen mengadakan roadshow untuk Nielsen Challenge, the War for Better Marketing Solutions. Nielsen Challenge merupakan kompetisi strategi pemasaran yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat III dan IV dari lima universitas di Indonesia. Lima universitas yang dapat berpartisipasi adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Prasetya Mulya Business School, dan Universitas Padjadjaran.
Sebagai perusahaan global yang bergerak di bidang market research, Nielsen ingin memperkenalkan market research kepada mahasiswa. Finalis kompetisi akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop di kantor Nielsen dan mendapat bimbingan para pakar. Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari market research.
Informasi lengkap mengenai Nielsen Challenge dapat dilihat di nielsenchallenge.com