Lakukan ‘Aksi Suci’ bagi Sekitar, Tutor dan Penghuni Asrama ITB Jatinangor Gelar Pengabdian Masyarakat

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Asrama Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor, kembali mengadakan pengabdian masyarakat dengan melakukan 'aksi suci' yang diberi tajuk "A Million Dreams" dan "Heaven on Earth", yang diselenggarakan pada Sabtu-Minggu (4-5/5/2024) di Panti Asuhan Riyadlul Jannah, Cikeruh, Jatinangor dan di ITB Kampus Jatinangor.

Selain sebagai penerapan Tridarma Perguruan Tinggi, agenda ini pun merupakan rangkaian dari pre-event Asrama Festival 2024. Kegiatan ini mengajak mahasiswa penghuni dan tutor asrama untuk berpartisipasi dalam dua rangkaian acara pengabdian masyarakat tersebut.

"A Million Dreams" merupakan kegiatan berbagai kebahagiaan bersama anak-anak di Panti Asuhan Riyadlul Jannah, Cikeruh, yang dilaksanakan pada Sabtu (04/5/2024). Sebelum acara berlangsung, para tutor asrama telah mengumpulkan donasi berupa barang-barang yang masih layak digunakan dari para mahasiswa penghuni asrama. Barang-barang donasi ini dikumpulkan di kotak-kotak yang ditempatkan di bawah setiap gedung di Asrama ITB Jatinangor, sehingga memudahkan para mahasiswa untuk menyumbangkan barang-barang mereka.

Kepala Divisi Pre-event Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Jatinangor, Qotrunnada Aulia (BA’21), menjelaskan latar belakang kegiatan ini.
“Panti itu mengajarkan kita banyak hal, terutama mengenai rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama. Dimana mereka (anak panti) itu beberapa sudah kehilangan orang tua. Sehingga, dari kesibukan kita (mahasiswa), bisa sedikit menyisihkan waktu untuk berbagi,” ujar Nada.

Sedangkan kegiatan "Heaven on Earth" diadakan pada hari berikutnya, Minggu (05/5/2024), yang difokuskan pada pemberian fasilitas tambahan di mushola Kampus ITB Jatinangor. Kegiatan ini melibatkan penghuni dan tutor asrama yang bersama-sama memasang dan memperbaiki beberapa peralatan mushola untuk meningkatkan kenyamanan dalam beribadah bagi umat Muslim di kampus.

Persiapan kegiatan pengabdian masyarakat ini telah berlangsung sejak Maret 2024, dimulai dari merancang kegiatan, mengumpulkan donasi, pengadaan barang mushola, hingga mengkoordinasi peserta. Pada hari kegiatan, pengabdian masyarakat ini disambut dengan positif. Anak-anak panti asuhan Riyadlul Jannah menyambut dengan gembira kehadiran penghuni dan tutor asrama. Sementara itu, fasilitas tambahan di mushola kampus juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas ibadah bagi mahasiswa Muslim di ITB Jatinangor.

Nada mengatakan, "Harapannya semoga banyak kegiatan-kegiatan dari asrama yang semacam ini, berbagi, melihat bahwa di sekeliling kita itu ada banyak yang lebih membutuhkan, kita jauh lebih beruntung, (sehingga) kita bisa banyak bersyukur. Nanti setelah kita lulus, kita harus terus ingat untuk memperhatikan lingkungan sekitar kita juga," harapnya.

Melalui kegiatan ini, Asrama ITB berharap para peserta, baik penghuni maupun tutor asrama, tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis di perkuliahan, tetapi lebih dari itu, peserta dapat belajar empati dan kepedulian sosial serta mendapat pengalaman berharga dari lingkungan sekitar.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download