Literasi Harmoni Negeri: Duta Kampus ITB Gaungkan Semangat Literasi di Pelosok Bandung

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh


BANDUNG, itb.ac.id - Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan literasi masyarakat melalui program pengabdian masyarakat bertajuk "Literasi Harmoni Negeri" yang diinisiasi Duta Literasi ITB 2023, Aghniyya Rahmatillah dan Dilpa Nur Saputra (Desain Interior, 2021). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (4/5/2024) di SDN Bojongkihiang, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Duta Kampus ITB berkolaborasi dengan organisasi Meramu Mimpi, yang juga didirikan Aghniyya, untuk merancang program "Literasi Harmoni Negeri". Selain berupaya meningkatkan minat literasi, program ini menumbuhkan kemampuan berpikir kritis anak-anak melalui pemahaman dan penilaian informasi.

Kegiatan "Literasi Harmoni Negeri" mencakup beberapa tahap, mulai dari donasi buku, kampanye #10menitperhari untuk mengajak masyarakat membaca, puncak acara berupa pengabdian masyarakat di sekolah, hingga penyerahan donasi.

   

"Kami ingin menunjukkan bahwa literasi bukan hanya membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan memahami yang dapat dilatih melalui berbagai aktivitas menyenangkan," kata Aghniyya.

Antusiasme 59 siswa SD Negeri Bojongkihiang mewarnai kegiatan ini. Puncak acara, yaitu penyerahan donasi rak buku dan buku-buku, diharapkan dapat mendukung terciptanya pojok literasi yang kondusif di sekolah.

"Kami berterima kasih kepada mahasiswa ITB yang telah membawa suasana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak kami," ujar Bu Lis, perwakilan guru SDN Bojongkihiang. Beliau berharap kegiatan serupa dapat diadakan kembali di masa depan.

"Literasi Harmoni Negeri" tidak hanya bertujuan meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi, tapai juga menumbuhkan mimpi dan menginspirasi anak-anak di Desa Cimenyan untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download