LK ITB Buka Pendaftaran Beasiswa Online Periode Juni 2015

Oleh Mega Liani Putri

Editor Mega Liani Putri

BANDUNG, itb.ac.id - Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB terus berusaha mewujudkan komitmen institusi untuk tidak mengeluarkan mahasiswa karena tidak mampu membayar uang kuliah. Untuk itu, LK kembali membuka pendaftaran beasiswa secara online lewat situs kemahasiswaan.itb.ac.id/beasiswa. Pendaftaran periode Juni 2015 ini dibuka sejak 1 Juni hingga 22 Juni mendatang.

Mahaiswa ITB harus mengikuti prosedur pendaftaran agar bisa diproses selanjutnya pada 23 Juni hingga 6 Juli untuk tahap seleksi persyaratan. Pendaftaran dilakukan hanya via online sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir apabila sedang berada di luar Bandung. Pengumuman calon penerima beasiswa dan pengumpulan berkas persyaratan ke kantor LK akan berlangsung pada 7-28 Juli. Setelah proses administrasi selesai, pengumuman penerima beasiswa akan diumumkan pada 3 Agustus.

Keringanan Bagi Mahasiswa yang Memiliki Masalah Keuangan

Apabila terdapat perubahan kondisi keuangan keluarga dan tidak mampu membayar UKT, mahasiswa diperbolehkan mengajukan penangguhan pada awal semester, bahkan diperbolehkan mengajukan keringanan pembayaran apabila penangguhan tersebut dilakukan lebih dari 1 kali. Selain itu, mahasiswa juga diperkenankan untuk mendaftar beasiswa yang dilayani oleh LK ITB. Terhitung tahun 2014, jumlah penerima beasiswa di ITB mencapai 11.029 orang, termasuk didalamnya beasiswa pemerintah dan non-pemerintah.

Bidang Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Kabinet KM ITB juga turut berusaha membantu tiap mahasiswa terutama dalam menyelesaikan masalah keuangan. Bantuan yang diberikan berupa  penyebaran informasi beasiswa melalui akun FB Kesma KM ITB dan @kesmakmitb, bantuan konsultasi permasalahan keuangan dan beasiswa di ITB serta pendampingan dalam proses penyelesaian masalah apabila diperlukan, serta peminjaman dana dari Kesma KM ITB khusus untuk bantuan kebutuhan primer dengan persyaratan tertentu. Mahasiswa dapat mengontak Kesma melalui kesmakmitb@gmail.com.

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Pendaftaran Beasiswa

Selama proses pendaftaran beasiswa, ada beberapa hal yang bisa menghambat prosesnya. Oleh karena itu, mahasiswa harus memperhatikan dengan cermat prosedur dan jadwal penting pendaftaran. Contoh kasus yang sering masuk ke Kesma dan loket beasiswa LK adalah biasanya mahasiswa yang bersangkutan datang menceritakan kasusnya pada saat waktu pendaftaran beasiswa LK sudah ditutup. Padahal masalah keuangan mahasiswa tersebut sudah cukup lama terjadi. Kondisi seperti ini sebenarnya cukup menyulitkan untuk mencari dana bantuan.

Masalah lain yang sering terjadi adalah banyak yang menerima beasiswa dan sudah dihubungi satu per satu oleh LK, namun tidak kunjung ke LK untuk menandatangani perjanjian penerimaan beasiswa. Kemudian disaat SK penerima beasiswa sudah dikeluarkan dan mahasiswa tsb tidak mendapat beasiswa karena tidak tanda-tangan, muncul banyak keluhan ke LK.

Selain itu, kebanyakan beasiswa di ITB memiliki standar indeks prestasi pada persyaratan pendaftarannya, tak jarang juga terdapat nilai keaktifan dalam organisasi. Oleh karena itu, mahasswa hendaknya tidak mengabaikan akademik dan organisasi di ITB apabila mahasiswa ingin mendapatkan kesempatan yang lebih terbuka untuk menerima beasiswa tertentu.

"Mahasiswa harus aktif dalam mencari segala informasi beasiswa. Ingat semua tanggal penting penyeleksian beasiswa di ITB. Jangan sampai terlewat. Apabila ada masalah, komunikasikan ke LK bagian beasiswa. Apabila ingin bertanya ke Kesma KM ITB terlebih dahulu juga dipersilahkan. Kami memang tidak dapat menjanjikan apapun, namun kami bisa membantu memberikan saran serta koneksi ke pihak yang bersangkutan salam penyelesaian masalah. Mahasiswa harus mau berusaha mengurus berkas-berkas yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah keuangan dan beasiswanya," pesan Anasya Arsita Laksmi (Teknik Kelautan ITB 2011) selaku perwakilan bidang Kesejahteraan Mahasiswa Kabinet KM ITB 2015/2016.

 

Ilustrasi dari berbagai sumber


scan for download