Membangun Rasa Empati dan Jiwa Sosial, Keluarga Mahasiswa Islam FTI dan FTSL ITB Gelar Kunjungan ke Panti Asuhan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Antusiasme anak-anak dalam kegiatan kunjungan Gamifti ITB dan Al-Amin ITB ke Panti Asuhan Bina Umat Bandung.

BANDUNG, itb.ac.id — Keluarga Mahasiswa Islam Fakultas Teknologi Industri (Gamifti) Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Keluarga Mahasiswa Islam Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan “Al-Amin” ITB melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Bina Umat Bandung, Minggu (19/5/2024). Kunjungan yang diikuti mahasiswa FTI dan FTSL ITB angkatan 2023 ini bertajuk “Gamifti X Al-Amin Goes to Panti”.

Kegiatan tersebut terdiri atas beberapa acara, seperti mengenal sains dengan permainan, berbagi kisah tentang hobi dan cita-cita, dan mengajak anak-anak untuk aktif dalam budaya literasi. Anak-anak panti asuhan terlihat sangat antusias dengan berbagai kegiatan yang ada.

Kegiatan kunjungan ke panti asuhan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa empati mahasiswa. “Kenapa panti? Karena panti adalah sebuah bentuk empati yang besar. Di panti kami berharap kami bisa belajar tak hanya menumbuhkan empati, tapi juga semangat dan daya juang tinggi dalam meneruskan hidup, menebar kebaikan untuk sekitar,” ujar Koordinator Akhwat Gamifti ITB, Tifa Anindya Arifin (Fakultas Teknologi Industri, 2023).

   

Tifa senang dapat menjadi bagian dari kegiatan sosial tersebut. “Seneng banget, banyak belajar dari anak-anak di sana. Walaupun mereka sudah kehilangan orang tua, mereka tetap bersemangat, tetap bermimpi, dan terus berjuang,” katanya.

Dengan kegiatan ini, harapannya mahasiswa dapat menumbuhkan kepekaan dan jiwa sosial, terutama empati terhadap anak-anak yang sedari kecil sudah kehilangan sosok orang tua sehingga mahasiswa dapat terhindar dari sikap antipati dan apatis terhadap lingkungan di sekitarnya.

Reporter: Ahmad Fauzi (Rekayasa Kehutanan, 2021)


scan for download