Memulai Kegembiraan ITB Jatifest 2023 dengan Gagajahan dan Tari Kalang Sunda

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


JATINANGOR, itb.ac.id - ITB Jatifest 2023 telah berlangsung dengan begitu meriah sebagai acara puncak dari serangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITB Tahun Akademik 2023/2024.

Agenda ini digelar pada Sabtu, (2/9/2023) dengan memanfaatkan hampir seluruh venue Kampus ITB Jatinangor untuk mengenalkan lingkungan kampus. Sekaligus memperkenalkan juga kegiatan kemahasiswaan di kampus kepada seluruh civitas akademika ITB. Terlebih untuk para mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023.

Pembukaan Jatifest 2023 menampilkan sejumlah pertunjukan seni Sunda, termasuk parade "Gagajahan" yang dimulai dari Gedung Kuliah Umum (GKU) 1 dan berakhir di Gedung Rektorat ITB.

“‘Gagajahan’ ini merupakan analogi penampilan lain dari sisingaan yang menjadi ciri khas budaya di Tanah Sunda. Namun berkaitan dengan dilaksanakannya di kampus ITB Jatinangor yang erat kaitannya dengan simbol gajah, maka kita akan menyaksikan ‘Gagajahan’ sama halnya dengan sisingaan di tradisi atau budaya Sunda. Gagajahan ini tentunya sebagai simbol yang biasanya dimainkan untuk pagelaran kesenian,” jelas Master of Ceremony pada pembukaan ITB Jatifest 2023, Reza Marta Fawzy.

Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan penampilan Tari Kalang Sunda oleh Unit Kegiatan Mahasiswa, Lingkung Seni Sunda (LSS) ITB. Tarian ini dipentaskan dengan gerakan yang indah dan sarat akan makna budaya Sunda.

Jatifest 2023 semakin meriah dengan adanya kegiatan "Pestipal Sehari" yang digelar di Lapangan Gedung Serba Guna (GSG) ITB Jatinangor oleh Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) ITB, yang juga mengangkat tema "Green Culture" dalam pelaksanaannya.

Beberapa workshop yang diselenggarakan antara lain Throwing Workshop oleh Kak Tikhar dan Kak Ajay, Batik Tamarin oleh Bu Nuning Yanti Damayanti, Kitchen Lithography dengan Mas Asun, Suara Alam oleh Mas Aji, dan Nature Pigmented Watercolor Workshop oleh Naufal Manaf.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan lezat di Bazaar Kuliner yang diadakan di Kelas A, B, C, D Jalan Utama GSG dan Gor ITB Jatinangor. Tercatat lebih dari 5000 pengunjung yang menghadiri serangkaian acara Jatinangor Festival 2023 ini, yang menunjukkan tingginya antusiasme mereka untuk turut serta dalam kegembiraan acara ini.

ITB Jatifest 2023 memberikan peluang bagi seluruh civitas akademika ITB untuk merasakan atmosfer kampus yang unik di Kampus Jatinangor dan memahami berbagai kegiatan kemahasiswaan yang beragam. Acara ini tidak hanya menciptakan kesempatan untuk berintegrasi di lingkungan kampus, tetapi juga memperkuat komitmen ITB dalam menghadirkan pengalaman pendidikan yang nyaman bagi mahasiswanya.

Reporter : Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download