Open House Studio: Pameran Poster Tugas Mahasiswa Arsitektur ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Pameran Poster Tugas Studio AR3290, di Labtek IXB SAPPK ITB, Senin-Jumat (3-7/6/2024). (ITB/Asya Aulia Sukma)

BANDUNG, itb.ac.id - Salah satu mata kuliah wajib Program Studi Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung (SAPPK ITB), yakni AR3290 Studio Perancangan Arsitektur IV, menggelar pameran dengan konsep Open House Studio. Pameran ini menjadi bagian dari proses perancangan arsitektur itu sendiri yang memungkinkan mahasiswa memamerkan hasil karya tugas mereka, mengomunikasikan ide, konsep, dan inovasi, serta mendapatkan feedback juga apresiasi.

Karya tugas yang diperlihatkan merupakan bentuk presentasi yang menjadi puncak komunikasi arsitektur dari rangkaian proses gambar prarancangan, gambar konseptual, dan visualisasi desain selama mengikuti Studio Perancangan Arsitektur IV. Adapun tugas mata kuliah ini berfokus pada perancangan mid-rise building 8 lantai sesuai dengan pendekatan alur. Perancangan apartemen untuk alur sosial ekonomi budaya dan perancangan hotel untuk alur perancangan dan perkotaan serta alur teknologi dan lingkungan.

Pendekatan alur ini merupakan hal yang baru dalam Studio Perancangan Arsitektur sebagai respons dari adanya perubahan kurikulum di Program Studi Arsitektur. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan mahasiswa dapat lebih terarah dan terfokuskan terhadap satu aspek dalam melakukan perancangan.

Maket bangunan mahasiswa (kiri) dan kesan serta pesan pengunjung (kanan). (ITB/Asya Aulia Sukma)

Darren Darmawan (AR, 21) membagikan pengalamannya dalam mengikuti mata kuliah AR3290. “Saya merasa adanya pendekatan alur sangat mengubah cara saya mendesain dari awal hingga akhir. Biasanya saya selalu memikirkan massing di awal, tetapi karena saya di alur teknologi dan lingkungan maka pendekatannya dimulai dari isu yang ingin diangkat, baru selanjutnya desain yang akan menyesuaikan konsep dan teknologinya,” katanya.

Darren mengaku pendekatan ini lebih cocok dengan dirinya yang kurang cocok mendetailkan pendekatan desain dari massing dan lebih prefer desain yang berdasarkan fakta. “Kebebasan mahasiswa dalam memilih alurnya sangat membuka pikiran-pikiran baru,” katanya.

Pameran AR3290 (Open House Studio) ini diselenggarakan pada Senin-Jumat, 3-7 Juni 2024 di Studio Lantai 5 Barat, Gedung Arsitektur, Labtek IXB, SAPPK, ITB Kampus Ganesha.

Reporter: Asya Aulia Sukma (Arsitektur, 2021)


scan for download