Paskah Bersama PMK ITB: Pemuda, Saatnya Untuk Bangkit dan Mengubahkan Indonesia!

Oleh alitdewanto

Editor alitdewanto

pembicaraBANDUNG, itb.ac.id- Kondisi bangsa memang tengah terpuruk hingga saat ini. Bila dibiarkan terus menerus tentunya akan terakumulasi menuju titik kehancuran. Gambaran seperti itulah yang mendasari tema Kebaktian dan Perayaan Paskah PMK ITB, Rise To Change. " Sebagai generasi muda, saatnya untuk bangkit mengubahkan bangsa ini, dari generasi terpuruk menjadi sebuah generasi emas nantinya." tutur Alit Dewanto, ketua panitia. " Pun merupakan salah satu kewajiban kita sebagai mahasiswa."

Acara yang berdurasikan tiga jam ini mengambil lokasi di Aula Barat ITB pada Minggu (03/05/09) dan dihadiri sekitar 400 mahasiswa Kristiani. Acara dibuka dengan penampilan dari Choir dan penari PMK ITB. " Selain itu, kami mengundang pula MBWG (Marching Band Widya Ganesha-red) ITB untuk berpatisipasi." terang Ruth Fransisca Siagian, ketua divisi acara. " Mereka membawakan  lagu Canon."


Rise To Change

penampilan MBWGPada eksposisi tema, dihadirkan sebuah drama mengenai momen penculikan Soekarno-Hatta oleh para pemuda di Rengasdengklok. Pada saat itu, Soekarno secara simbolis menyetujui desakan para pemuda untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Momen itu menunjukkan usaha para pemuda untuk bangkit melawan penjajah dan mengubahkan negeri dari terjajah menjadi merdeka.

Hadir sebagai pembicara ialah Winner Johnson. Alumni Hukum Unpad ini memaparkan seabreg beban yang harus ditanggung bangsa hingga saat ini, mulai dari politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga panggung hiburan. Dalam penjelasannya, Winner Johnson menegaskan pentingnya untuk memulai perubahan dan semua diawali dari pemuda dengan dasar alkitabiahnya diambil dari Yesaya 60:1,22. Winner juga mengajak semua jemaat untuk terus mendekatkan hubungan dengan Tuhan agar perubahan itu nyata.

Just Believe

Acara puncak perayaan merupakan himbauan simbolis untuk peneguhan tema. Beberapa perwakilan jurusan-jurusan ITB dan perwakilan TPB 2008 membawa lilin-lilin sambil menyanyikan lagu When You Believe. Iringan dari choir dan penari membuat para penonton semakin terhanyut dalam suasana. Dipilihnya lagu ini, mengingatkan kita pada film Prince Of Egypt yang menceritakan kebangkitan bangsa Israel untuk lepas dari tanah Mesir sehingga mengubah total kehidupan mereka.

" Kami tidak hanya mengajak umat Kristiani saja untuk mengimani tema ini, tapi pemuda semua kalangan bisa turut berperan serta." imbuh Alit, di akhir perbincangan dengan Kantor Berita. " Perubahan ialah sesuatu hal yang berat, namun tidak mustahil. Taruhlah sebuah kepercayaan dalam hati bahwa itu akan terjadi, just believe."


scan for download