Pelaksanaan UTBK Gelombang II Tahun 2023 di ITB Mulai Dilaksanakan Hari Ini

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

SIARAN PERS ITB

No. 389/IT1.B03.2/HM/2023

22 Mei 2023

BANDUNG,- Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Institut Teknologi Bandung (ITB) hari ini mulai menyelenggarakan UTBK gelombang II dari tanggal 22-28 Mei 2023. Pelaksanaan gelombang I telah berlangsung baik dan lancar pada 8-14 Mei lalu.

Berdasarkan data dari panitia Pusat UTBK ITB, peserta yang mendaftar UTBK di Institut Teknologi Bandung berjumlah 17.216 peserta yang berasal dari berbagai provinsi/daerah di Indonesia.

Pada pelaksanaan gelombang I, tidak ditemukan indikasi kecurangan baik di lokasi mitra maupun di ITB. Namun terdapat peserta yang memerlukan fasilitas kebutuhan khusus pasca kecelakaan sehingga perlu menggunakan kursi roda. Panitia menyarankan kepada peserta yang memerlukan bantuan atau berkebutuhan khusus dapat segera menghubungi Pusat UTBK agar dapat difasilitasi.

Jumlah peserta UTBK yang seharusnya mengikuti ujian di Pusat UTBK ITB pada gelombang I adalah sebanyak 8.457 orang. Terdapat sebanyak 230 orang peserta tidak hadir, sehingga jumlah peserta pada pelaksanaan gelombang I berjumlah 8.227. Sementara itu, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan, panitia Pusat UTBK ITB melibatkan pengawas dengan perbandingan setidaknya satu orang pengawas untuk setiap 10 peserta di setiap ruang pelaksanaan ujian. Selain itu peserta di periksa dahulu menggunakan metal detector saat memasuki ruang ujian.

Dalam pelaksanaan UTBK gelombang I, Pusat UTBK ITB bekerja sama dengan beberapa sekolah mitra di Kota Bandung. Oleh karena itu, lokasi ujian selain di kampus Institut Teknologi Bandung, juga digelar di SMAN 1 Bandung, SMAN 2 Bandung, SMAN 3 Bandung, SMAN 4 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMKN 2 Bandung.

Pada gelombang II, jumlah peserta yang telah terdaftar adalah sebanyak 8.669 peserta. Semua peserta akan melakukan ujian di Kampus Institut Teknologi Bandung (Ganesha), yang tersebar di 21 ruang ujian.

Narahubung:
Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Institut Teknologi Bandung Dr. Naomi Haswanto, S.Sn., M.Sn.


scan for download