Perpustakaan ITB Gelar Rangkaian Acara Peringati Hari Bumi

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor Hafshah Najma Ashrawi

BANDUNG, itb.ac.id -  Perpustakaan ITB menggelar serangkaian acara pada Senin sampai dengan Kamis (21-24/04/14) dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day). Acara ini bertempat di Ruang Serbaguna Perpustakaan Pusat ITB dan  merupakan kerjasama antara The U.S. Embassy  Jakarta dan American Corner ITB.  Rangkaian acara ini antara lainterdiri dari pemutaran film,  diskusi, dan 'Digital Video Conference'. Pemutaran film dan diskusi yang diselenggarakan pada hari pertama memutarkan film "Future Weather" yang juga dipandu oleh Janet Long, salah satu dosen tamu pengampu 'English Language' dan penulisan karya ilmiah di ITB. Sedangkan pada Selasa (22/04/14) yang juga merupakan puncak dari rangakaian acara peringatan hari bumi ini, diselenggarakan Digital Video Conference.

Kegiatan yang juga diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Amerika Jakarta tersebut menggunakan teknologi DVC sehingga peserta dapat mengikuti dan berinteraksi langsung dengan para peserta di tempat lain. Kegiatan ini bersifat diskusi dan sharing terkait pengalaman mengenai topik "Diet Kantong Plastik". Berbagai presentasi yang ada didatangkan dari berbagai komunitas antara lain Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Komunitas Ciliwung Condet, Si Dalang Project, Greenation Indonesia, dan lainnya.


Selain kegiatan diskusi, pada akhir acara juga diadakan workshop pembuatan tas dari kaos bekas. Untuk program DVC, ITB tentunya tidak sendiri. DVC ini juga turut menghadirkan peserta dari Universitas Tanjungpura Pontianak dan Uniersitas Sumatera Utara Medan.  Pada sesi ketiga yag diselenggarakan pada Kamis (24/04/14), digelar pemutaran film dan diskusi dokumentasi "Arctic Tale" yang dipandu oleh Kathy Haris, salah seorang relawan berkebangsaan Amerika.  

Pembicara pada sesi keempat selanjutnya adalah Myra Michele Brown (Information Resource Officer)  dan Ida Fajar Priyanto dari University of North Texas yang juga menjabat sebagai Kepala Perpustakaan UGM dan peraih beasiswa Fullbright Ph.D. Degree Program. Sesi ini  merupakan sesi DVC yang pusat kegiatannya berada di Pusat Kebudayaan Amerika, Jakarta. Kegiatan ini membahas peran perpustakaan saat ini di Amerika terutama dalam melakukan perubahan. DVC pada hari tersebut bergabung dengan Universitas Sumatera Utara Medan.


scan for download