PIKKC ITB dan ICESCO Perkuat Kerja Sama Riset dan Inovasi Kota Cerdas dan Ekonomi Sirkular Lewat Workshop Internasional 12-14 Desember 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (PIKKC ITB) dan Islamic World Educational, Scientific and Cultural Organization (ICESCO) akan menggelar The International Workshop for Smart Cities and Circular Green Economy 2023, secara bauran di Auditorium IPTEKS CC Timur, ITB Kampus Ganesha, Selasa-Kamis (12-14/12/2023). Tema besar kegiatan ini adalah “Meningkatkan Quality of Life Kota Melalui Transformasi Digital Ekonomi Hijau Sirkular”.

Pada hari pertama kegiatan tersebut, keynote speech akan disampaikan Ketua PIKKC ITB, Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng. Setelahnya terdapat empat diskusi panel dengan beragam topik.

Topik diskusi panel pertama “Smart City Policy, Circular Economy Green Policy, Smart Cities Governance” akan membahas Kebijakan Kota Cerdas, Kebijakan Ekonomi Sirkular Hijau, dan Pemerintahan Kota Cerdas, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Pembicara yang akan hadir baik secara luring maupun daring pada diskusi pertama ini adalah Wali Kota Madiun, Dr. Drs. H. Maidi S.H., M.M., M.Pd., Peneliti PIKKC ITB, Dr. Ir. Arry Akhmad Arman, M.T., Associate Vice President (Strategic and Partnership) Nanyang Technological University, Prof. Lam Kwok Yan, dan Research Fellow in the Office of the Executive Deputy Chairman, S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), NTU, Dr. Tan Teck Boon. Sesi ini akan dimoderatori Peneliti PIKKC ITB, I Gusti Bagus Baskara Nugraha, S.T., M.T., Ph.D.

   

Adapun tema sesi kedua, yakni “Sustainability Framework, Green Economy, Climate Change Community Resilience“ dengan pembicara Experts in Science and Technology ICESCO, Dr. Fahman Fathurrahman, Regional Project Manager UCLG ASPAC, Helmi Abidin, Ir. Teti Armiati Argo, M.E.S., Ph.D., dan Prof. Ir. Djoko Santoso Abi Suroso, Ph.D., dari Perencanaan Wilayah dan Kota ITB. Sesi kedua ini akan dimoderatori Adiwan Fahlan Aritenang, S.T., M.GIT., Ph.D. Sesi ini akan mengkaji kerangka kebijakan yang keberlanjutan, ancaman perubahan iklim pada kota, pengembangan ekonomi hijau, dan berbagai praktik di kancah internasional.

   

Sesi ketiga bertopik "Design Innovation, Circular Economy, Technology for Circular Economy". Dalam sesi ini akan mengulas perkembangan gerakan dan inisiatif sirkuler ekonomi di Indonesia, mulai dari akar rumput yang bermunculan di seluruh penjuru Indonesia. Sesi ini akan dimoderatori Peneliti PIKKC ITB, Dr. Hendra Sandhi Firmansyah, S.T., M.T. dengan narasumber Ahli Kreatif dan Ekonomi Sirkular ICCN, Dr. Dwinita Larasati, S.Sn., M.A., Direktur Eksekutif KREASI Jabar, Harry Anugrah Mawardi, S.Ds., M.Ds., dan Prof. Dr. Mohamed Essaaidi dari Moroccan School of Engineering Sciences (EMSI). Diskusi panel akan membahas proses desain produk, jasa, dan sistem yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, guna meminimalisasi sampah dan polusi.

   

Pada hari kedua workshop, akan diselenggarakan diskusi sesi 4 dengan topik "Technology and Innovation for Smart and Circular Economy". Pembicara pada sesi ini adalah Associate Professor in the School of Computer Science and Engineering, Nanyang Technological University, Arvind Easwaran, Ph.D., Peneliti PIKKC ITB, Dr. Fadhil Hidayat, Dr. Ing. Ali Bawono, PMP. dari TUM Asia, dan Dr. Yuanita Handayati, M.S.M. dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Diskusi akan dimoderatori Dr. Yoanes Bandung, S.T., M.T. Dalam sesi tersebut akan dibahas mengenai Inovasi teknologi, ekonomi cerdas dan sirkular, serta penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi limbah dan menciptakan masa depan kota yang berkelanjutan.

Sirkular ekonomi erat dengan fokus guna mengoptimasi sumber daya alam untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang, penggunaan teknologi dan AI saat ini merupakan bagian penting untuk mewujudkan hal tersebut.

Adapun pada hari ketiga akan dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat kawasan yang menjadi percontohan kegiatan transformasi digital di Kota Bandung.

Kuota peserta kegiatan ini terbatas. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi PC ICESCO (+6281324974281).

Seluruh rangkaian kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum. Pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/RegParticipant


scan for download