Pramuka ITB Bantu Desa Sukasari Kembangkan Website untuk Pasarkan Produk Lokal

Oleh Adi Permana

Editor -

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Pramuka ITB di Desa Sukasari, KBB.

BANDUNG, itb.ac.id- Dalam rangka membantu perekonomian lokal, Direktorat Kemahasiswaan bersama Pramuka Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sukasari, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan memajukan Desa Sukasari dan untuk memberikan manfaat langsung ke masyarakat.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Siti Ayu Sholekhah menyatakan kegiatan tersebut berangkat dari poin ketiga dari Tridarma Perguruan Tinggi dan selaras dengan isi janji Tri Satya Pramuka yang ketiga yaitu ikut serta membangun masyarakat.

“Berdasarkan kedua hal tersebut, Pramuka ITB sebagai wadah bagi anggota pramuka yang sekaligus berstatus sebagai mahasiswa tentu memiliki tanggung jawab lebih dalam melaksanakan kegiatan yang memberi manfaat langsung bagi masyarakat,” ujar Siti Ayu, yang merupakan mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB 2021.

Dalam pengabdian masyarakat ini, sebelas anggota Pramuka ITB datang langsung ke Desa Sukasarari selama dua minggu, yaitu pada tanggal 12 sampai 25 Juni 2023. Dalam rentang waktu tersebut, mereka bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk melakukan kegiatan yang bertujuan pada kesejahteraan warga dan pengembangan desa. Terdapat dua fokus bidang pada pengabdian ini, yaitu bidang pengembangan badan usaha milik desa serta bidang pendidikan.

Penanggung jawab bidang pengembangan badan usaha, Ridoya Tarigan, yang merupakan mahasiswa Teknik Perminyakan 2021, menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini mereka juga membuat sebuah website.

“Salah satu program yang dilakukan adalah pembuatan website marketplace. Anggota Pramuka ITB melakukan pendataan dan dokuentasi terkait hal-hal apa saja yang dapat dipromosikan melalui website. Selanjutnya, website ini digunakan sebagai display/pemajangan produk dari hasil olahan Desa Sukasari,” ungkapnya.

Selain itu, para anggota Pramuka ITB juga membangun sebuah saung belajar di Desa Sukasari. Mereka juga melakukan kunjungan ke institusi pendidikan, seperti tempat pengajian dan madrasah yang terdapat pada Desa Sukasari.

“Dengan adanya saung belajar dan komunikasi antara institusi, diharapkan masyarakat semakin maju dalam hal literasi,” ungkap Penanggung Jawab Bidang Pendidikan, Arya Farhansyah Gulo (Teknik Geologi 2022).

Diharapkan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Pramuka ITB ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk berkontribusi dalam memajukan desa-desa di Indonesia.

Reporter: Afgha Izzam Tursina (Teknik Perminyakan, 2020)


scan for download