Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika ITB Ikuti Kuliah Lapangan Ekskursi di Pulau Pramuka

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id–Kegiatan perkuliahan di Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak selalu dilakukan di dalam kelas saja. Perkuliahan juga bisa dilakukan secara langsung di lapangan melalui kegiatan ekskursi. Pada tanggal 17-19 Maret 2023, 87 Mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika (GD) mengikuti kegiatan ekskursi mata kuliah Hidrografi II di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Pelaksanaan kegiatan ekskursi ini bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman lebih terkait aplikasi dari materi yang sudah diajarkan di kelas. “Selain itu, tujuannya juga untuk memperkuat pemahaman terkait materi yang telah diajarkan di perkuliahan,” ujar Farras Rizqy Hafizh, Koordinator Asisten mata kuliah Hidrografi II.

Selama di lapangan, mahasiswa mengikuti kegiatan yang sudah terangkum dalam enam modul ekskursi. Modul tersebut terdiri dari :

a. Pressure-Based Tidal Observation and Transfer of Level
b. Manual Tidal Observation and Transfer of Level
c. Water Properties Measurement and Water Sampling
d. Current Measurement: Current Meter and ADCP
e. Meteorological Observation
f. Team Wrap-Up

Terdapat perbedaan ekskursi tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tempat pelaksanaan modulnya. “Tahun ini untuk pengamatan pasut manual dilakukan di tiga pulau berbeda,” ujar Farras.

Tiga pulau berbeda tersebut adalah Pulau Pramuka, Pulau Panggang, dan Pulau Karya. Jadi, mahasiswa akan mengamati pasut secara simultan di Pulau Panggang dan Pulau Karya sehingga dapat mengetahui perbedaan kondisi pasut di jam tertentu. Untuk Pulau Pramuka sendiri, pengamatan pasut dilakukan dengan sensor tekanan (otomatis).

Selain itu, terdapat perkembangan pada modul ekskursi. “Ekskursi tahun ini diisi oleh modul Meteorological Observation menggunakan alat Automatic Weather Station (AWS),” tambah Farras. Alat AWS ini belum pernah digunakan pada ekskursi sebelumnya.

Alat Automatic Weather Station (AWS)

Ekskursi ini juga disambut baik oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan dengan baik. Dustin Edward Sipahutar (GD’20), mengaku puas terhadap pelaksanaan kegiatan Ekskursi Hidrografi II tersebut. Menurutnya, mahasiswa teknik harus mampu menguasai hal-hal yang bersifat aplikatif.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa teknik yang harusnya bisa sampai ke tahap aplikasi. Semoga kegiatannya selalu ada,” ujar Dustin.

Tentunya, untuk memperjelas pemahaman mahasiswa, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan. Kita semua berharap agar kegiatan sejenis dapat diperbanyak lagi. Dengan begitu ITB dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul sesuai bidangnya masing-masing.

Reporter: Kevin Agriva Ginting (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2020)

Dok. Foto: Hassan Rafi Akbari


scan for download