PT LAPI ITB Gelar Kegiatan Donor Darah

Oleh Iko Sutrisko Prakasa Lay - Mahasiswa Matematika, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – PT Lembaga Afiliasi Peneliti dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) kembali menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan masyarakat dengan menyelenggarakan acara donor darah bertajuk “Setetes Darahmu, Selamatkan Nyawa Mereka”. Kegiatan yang digelar pada Senin (22/7/2024) di Rumah B ITB ini bertujuan meningkatkan kesadaran sosial dan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat sekitar.

Sebagai bagian dari kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja yang diadopsi oleh perusahaan, PT LAPI ITB meyakini bahwa kesehatan dan keselamatan kerja dapat ditingkatkan melalui kegiatan sosial seperti donor darah.

Ketua pelaksana donor darah ini, Ferdiansa, mengatakan, “Latar belakang kegiatan sosial ini adalah adanya komitmen terhadap kebijakan direksi kami yang menekankan keselamatan dan kesehatan kerja, yang diwujudkan dalam kegiatan sosial, seperti donor darah ini,” katanya.

Target peserta acara ini adalah karyawan LAPI ITB dan masyarakat sekitar, dengan harapan dapat menciptakan lingkungan yang lebih peduli dan sadar akan pentingnya sumbangan darah bagi yang membutuhkan.

“Selain komitmen terhadap kesehatan kerja, dengan donor darah ini kita dapat berdampak untuk sosial dalam bentuk pemberian kantong darah. Kami berharap lingkungan dari LAPI ITB, termasuk sivitas akademika ITB, dan masyarakat sekitar, dapat mendukung kegiatan sosial seperti donor darah ini,” katanya.

   

Target awal dari kegiatan ini mengumpulkan darah dari sekitar 50 donor. Namun, antusiasme yang tinggi dari peserta membuat jumlah pendaftar mencapai 70 orang.

LAPI ITB mengakui pentingnya peran aktif dari komunitas dalam setiap kegiatan sosial yang diadakan. Dukungan dan partisipasi dari masyarakat, baik internal maupun eksternal, sangat diperlukan untuk keberhasilan setiap program CSR yang dijalankan.

“Harapannya, bahwa lingkungan sekitar LAPI ITB, dan sivitas akademika ITB, mendukung kegiatan donor darah yang ada, yang kita lakukan ini. Jadi, tim dan teman-teman di sekitar sini semakin aware (sadar) terhadap sosial, khususnya kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download