Rangkaian ITB Ultra Marathon Berakhir Meriah di Awal Tahun 2023

Oleh Adi Permana

Editor -

Kredit foto: Dok. Panitia Mandiri ITB Ultra Marathon 2022.

BANDUNG, itb.ac.id. – Kegiatan tahunan ITB Ultra Marathon untuk pertama kalinya dilaksanakan kembali secara luring di awal tahun 2023 sejak masa pandemi. Rangkaian acara ditutup pada Minggu, 12 Maret 2023 dengan diadakannya flag off fun run dan victory run yang berakhir di Sasana Budaya Ganesha.

ITB Ultra Marathon atau yang biasa disingkat IUM merupakan kegiatan lari marathon yang dilakukan dan digagas oleh Institut Teknologi Bandung bersama dengan Yayasan Solidarity Forever untuk merayakan HUT Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini sudah menjadi agenda ITB sejak 2017 dan sangat dinantikan oleh masyarakat terutama alumni dan civitas akademika ITB. IUM kali ini menggandeng Bank Mandiri sebagai sponsor utamanya dan terbukti mampu mempersatukan alumni ITB lintas jurusan, lintas angkatan maupun lintas generasi.

Namun dengan adanya pandemi Covid-19 yang berakibat pada pembatasan pertemuan fisik dalam skala besar, mulai tahun 2020 event lari ITB Ultra Marathon dilakukan secara virtual di lokasinya masing-masing dan direkam melalui aplikasi sebagai pengukur jarak tempuh tiap pelari.

Sebelum kegiatan ITB Ultra Marathon, terdapat beberapa rangkaian acara yang sudah dilalui sebelumnya salah satunya ITB Ultra Adventure Trail Run (IUATR) 2022. Event ini merupakan rangkaian dari ITB Ultra 2022 yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi wisata alam dengan event olahraga Trail Run. Mengambil rute dari ITB Ganesha – Dago – ITB Jatinangor dengan menelusuri daerah hutan dan perbukitan di pinggir kota Bandung dari Dago – Gunung Bukit Tunggul - Gunung Manglayang.

Terdapat 4 kategori lomba yaitu Challenger Solo, Challenger R2, Explorer R4 dan Explorer R8 di mana setiap kategori lomba mengharuskan peserta untuk lari trail sejauh +45km di sepanjang dataran tinggi Pasundan.

Foto Dekan Fakultas/Sekolah di ITB ikut berpartisipasi dalam acara ITB Ultra Marathon 2022. Foto: Koko/Kantor Kealumnian.

“Setelah rangkaian kegiatan ini berakhir ke depannya direncanakan akan diadakan kembali acara serupa dan juga ITB Ultra Cycling Challenge yang terakhir dilaksanakan pada 2021. Harapannya lebih banyak lagi orang yang dapat mengikuti kegiatan IUCC nantinya di pertengahan atau akhir tahun 2023 nanti,” ucap Suhanto (AE’96) selaku Ketua Pelaksana ITB Ultra 2022.

Reporter: Erika Mariana (Teknik Metalurgi, 2020)
Dokumentasi: Panitia ITB Ultra 2022


scan for download