Rindia Maharani Putri : Mahasiswi Pertama Pemenang PhD Award 2013 di Universitas Twente

Oleh Medhira Handinidevi

Editor Medhira Handinidevi

BANDUNG, itb.ac.id - Rindia Maharani Putri, alumni jurusan Kimia 2007 dinobatkan sebagai peraih penghargaan PhD Award untuk mahasiswa tingkat magister di Twente Graduate School. Rindia yang merupakan mahasiswa magister jurusan Teknik Kimia (MESA+ Institute) berhasil mengalahkan 5 kandidat lainnya pada ajang yang baru diadakan untuk pertama kalinya ini. PhD Award akan diserahkan pada pembukaan tahun akademik University of Twente, Senin (02/09/13), Putri akan diwakilkan oleh Prof. Jeroen Cornelissen sebagai salah satu dosen pembimbing india.

Putri berhasil membawa pulang penghargaan dengan risetnya yang berjudul "Photo-trigger cargo releases from engineered protein cages". Dalam penelitiannya, Putri membuat suatu inovasi dalam metode pelepasan protein dalam sebuah "sangkar" yang berguna dalam bidang medis. Pelepasan ini menggunakan deteksi cahaya. Jika metode ini berhasil, maka laju pelepasan obat-obatan dalam tubuh manusia dapat dikontrol dengan lebih baik. Hal ini sangat berguna dalam bidang medis, sebab obat-obatan yang telah ditargetkan hanya akan di"lepas"kan pada bagian tubuh yang diberikan suatu cahaya tertentu. Putri berharap, metode ini dapat menekan efek samping dari pemberian obat-obatan pada tubuh manusia.

"Riset milik Rindia Putri sangat jelas dan lengkap. Ia memberikan kami (para juri-red) tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa metode ini mungkin berhasil. Bahkan jika ini gagal, penelitian ini tetap akan memberikan hasil yang baik dan menarik. Selain itu, dalam presentasinya ia berhasil untuk menampilkan performa terbaik dan menjawab pertanyaan dengan sangat meyakinkan," ucap salah satu juri dalam penilain PhD Award.

Profil Singkat

Rindia Maharani Putri adalah mahasiswi lulusan Kimia Angkatan 2007. Ia kemudian meneruskan studi magisternya di University of Twente, yaitu di MESA+. Menurut Melissa Koiy, salah satu asisten profesor di MESA+, Rindia adalah contoh yang sangat bagus bagi seorang insan yang selalu bersemangat dan itulah mengapa ia mendapatkan PhD Award tersebut.

scan for download