Saraga ITB Dibuka Kembali, Mahasiswa Tambah Semangat Berolahraga

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id—Seiring dengan kembalinya kegiatan belajar-mengajar secara langsung di Institut Teknologi Bandung, juga diiringi dengan dibukanya berbagai fasilitas olahraga di Sarana Olahraga (Saraga) ITB. Kurang lebih dua tahun, fasilitas olahraga di Saraga ditutup sementara karena pandemi COVID-19.

Dibukanya fasilitas Saraga membawa angin segar bagi berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) ITB. Reporter Humas ITB berkesempatan untuk mendatangi langsung suasana Saraga pada Sabtu, 3 September 2022 kemarin. Saraga telah kembali ramai seperti sediakala. Hampir seluruh lapangan penuh terisi oleh mahasiswa.

Dari banyak lapangan yang ada, salah satu UKM olahraga yang menggunakan fasilitas lapangan adalah Unit Tenis ITB. Hujan yang sempat turun menghentikan seluruh permainan sebentar. Kesempatan ini digunakan reporter untuk mewawancarai lebih langsung beberapa mahasiswa yang saling mengobrol menunggu hujan mereda.

“Akhirnya bisa kembali bermain lagi di Saraga setelah lama sekali. Excited ya, karena selain di Saraga ini saya tidak terlalu banyak berolahraga,” ujar Richard (TM’19), salah satu anggota Unit Tenis setelah menyelesaikan satu babak permainan.

Yang paling menarik dan berbeda dari lapangan tenis di Sabtu kemarin ini adalah ragam sivitas yang bermain. Dapat disebut sebagai pelopornya, unit berjaket biru tua yang berdiri di tahun 1996 ini juga membuka sesi latihan rutin bagi mahasiswa pascasarjana dan mahasiswa pertukaran internasional.

“Sungguh menarik dan menyenangkan dapat bermain di Saraga secara langsung. Saya juga senang karena tidak mengira mahasiswa pascasarjana seperti saya juga boleh bermain,” ujar Puri, salah satu mahasiswa baru pascasarjana Teknik Lingkungan.

Beberapa mahasiswa pertukaran Sekolah Bisnis dan Manajemen dari Reutlingen University, Jerman juga bergabung dalam sesi latihan rutin unit olahraga ini.

“Saya sudah lama mencari tahu tentang Unit Tenis ini. Saya sangat senang karena saya bisa melanjutkan hobi saya bermain tenis di sini. Selain itu, saya juga dapat bertemu dengan teman-teman dari berbagai jurusan di lapangan ini. Banyak sekali fakultas di ITB ini, sehingga komunikasi rasanya sangat luas dan baru,” ucap Til dan Roman, dua mahasiswa pertukaran yang kini sudah akrab dengan kawan-kawannya di Unit Tenis.

Selain lapangan tenis yang dipenuhi anggota UKM Unit Tenis, suasana Saraga juga ramai dipenuhi mahasiswa FTI dan STEI yang menyelenggarakan pertandingan basket antarfakultas. Iringan dukungan dari suporter juga terdengar keras menghidupkan suasana.

Saraga kini sudah dibuka bagi sivitas akademik sampai dengan pukul 18.00 WIB. Mahasiswa yang ingin mengunjungi fasilitas-fasilitas Saraga dihimbau untuk membawa KTM (kartu Tanda Mahasiswa) untuk registrasi dan memasuki Kawasan.

Reporter: Madeline Abigail Lukito (Arsitektur, 2020)


scan for download