SBM ITB Buka Pendaftaran Program Pascasarjana Gelombang 5

Oleh Andri Maulana - Mahasiswa Tambang, 2020

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menyelenggarakan “Postgraduate Info Session” di Gedung Freeport, SBM ITB, Sabtu (6/7/2024). Acara ini dalam rangka memfasilitasi para calon pendaftar program postgraduate/pascasarjana yang akan mendaftar di gelombang 5 pada admission sekolah pascasarjana ITB.

Chair of Master and Doctor of Science in Management Program SBM ITB, Dr. W. Victo Anggara Wisesa, S.Hum., M.M., menyampaikan presentasi mengenai program Master of Science in Management (MSM) dan program Doctor of Science in Management (DSM).

SBM ITB hadir dalam rangka menciptakan future leader yang inovatif dengan pola pikir kewirausahaan dan selalu menciptakan kebaruan. Menurut Dr. Anggara, kemajuan bangsa didukung dengan riset-riset yang terus dilakukan. Dengan begitu, para akademisi dan ilmuwan memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan bangsa.

Akreditasi SBM ITB

Jaminan mutu pendidikan di SBM ITB telah teruji dengan sederet akreditasi yang telah dimilikinya. Sekolah yang berdiri sejak tahun 2003 ini telah memiliki akreditasi AACSB, akreditasi paling bergengsi dan hanya dimiliki oleh 6 persen perguruan tinggi di dunia. Selain itu, SBM ITB memiliki sederet akreditasi lain yang menjamin kualitas pendidikan di SBM ITB sehingga program MSM dan DSM di SBM ITB tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Program MSM dan DSM di ITB memberikan pengalaman belajar yang luar biasa. Selain diberi pemahaman konseptual keilmuan dasar di bidang manajemen, mahasiswa dilatih berpikir kritis, aktif dalam membaca, serta dibimbing dosen yang rutin melakukan pendekatan kepada mahasiswanya agar tetap ”dalam jalur” saat melakukan riset.

MSM dan DSM terbuka tidak terbatas untuk mahasiswa lulusan program studi manajemen saja. Mahasiswa dari jurusan apapun akan diterima selama memiliki kualifikasi yang telah ditentukan dalam syarat pendaftaran. Mahasiswa pun akan diberikan matrikulasi sebelum memulai semester perkuliahan untuk menyamakan prespektif serta pemahaman dasar yang diperlukan saat mejalankan studi.

“DSM memberikan kesempatan kita untuk eksplor, hingga menciptakan kebaharuan. Bekal-bekal yang ditawarkan lengkap sehingga dapat belajar hal mendasar dan mampu mengembangkannya sendiri,” tutur Dr. Daniel Karim, S.IP., M.M., CHCM., yang merupakan alumnus program DSM dan saat ini menjadi dosen di Unpar.

Waktu Perkuliahan

Program MSM dapat ditempuh dalam dua tahun waktu kuliah dengan 54 SKS. Terdapat berbagai bidang konsentrasi keilmuan yang ditawarkan pada Kurikulum MSM saat ini.

Selain itu, MSM menawarkan program Master by Research. Dalam program ini mahasiswa cukup melakukan perkuliahan satu semester di kelas dan menempuh 3 semester sisanya dengan melakukan penelitian pribadi terbimbing. Sementara itu, program DSM dapat diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun.

   

Terdapat dua jalur yang ditawarkan pada program MSM, yakni program regular dengan proporsi kuliah weekdays. Sementara MSM untuk profesional diperuntukan bagi mereka yang pernah bekerja pada level manajer minimal selama 3 tahun. Sementara untuk DSM dibuka dalam tiga jalur, yakni DSM for Academicians, DSM for Professionals, dan DSM Partnership.

Saat ini SBM masih membuka pendaftaran untuk perkuliahan yang dimulai pada September 2024. Pendaftaran dapat dilakukan hingga 18 Juli 2024. Untuk informasi pendaftaran program ini, Anda dapat mengakses pada laman Admission.

Reporter: Andri Maulana (Tambang, 2020)


scan for download