SBM ITB Selenggarakan Workshop Pembekalan Praktik Bisnis dalam Dunia Industri

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat, Kelompok Keahlian People and Knowledge Management (PKM) ITB menggelar sebuah workshop pada Kamis (3/10/13). Bertempat di Kampus SBM ITB Jakarta, Gedung Graha Irama, kelompok keahlian yang berada di bawah naungan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB ini mendatangkan berbagai praktisi dalam dunia industri untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Dengan mengusung tema "Aligning People and Knowledge Management Courses to Business Practises", dibahas kesesuaian mata kuliah yang berada dalam PKM dengan kebutuhan dunia bisnis saat ini.

Workshop dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Jann Hidayat Tjakraatmadja, yang menyampaikan bahwa kesuksesan karir seseorang lebih ditentukan oleh kecerdasan emosionalnya dibandingkan kecerdasan intelektualnya. Menurutnya, acara ini diadakan untuk mempersiapkan diri agar siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat. "Indonesia membutuhkan para pemimpin, ilmuwan, dan para wirausahawan yang mampu menciptakan nilai tambah positif bagi situasi manajemen dan bisnis nasional," ucapnya.

PKM adalah salah satu sub-kelompok keahlian yang berada di SBM ITB dan didirikan pada tahun 2004. Saat ini, PKM dikepalai oleh Dr. Ir. Yuni Ros Bangun dengan ruang lingkup keahlian yang mencakup organizational behaviour, human capital management, change management, leadership, dan knowledge management. PKM dibentuk untuk membantu SBM menjawab salah satu tantangan besarnya, yaitu menghasilkan lulusan dengan karier sukses yang memiliki bisnis yang bermanfaat serta memberikan nilai positif bagi bangsa.

Melalui workshop ini, diperoleh berbagai saran yang membangun mengenai kesesuaian mata kuliah yang berada dalam PKM dengan kebutuhan dunia bisnis. Selain itu, diperoleh pula saran-saran mengenai konten dari mata kuliah agar sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis akan kompetensi seorang pekerja. Para praktisi yang diundang kemudian mengisi acara dengan kuliah umum sebagai dosen tamu sembari mendiskusikan riset-riset yang dapaat diadakan serta metode pembelajaran yang efektif untuk mempererat hubungan dunia akademik dengan dunia bisnis secara praktiknya.

 

Sumber: sbm.itb.ac.id


scan for download