Semarak Ramadhan Nusantara di Masjid Salman ITB

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Panitia Penyelenggara Program Ramadhan (P3R) 1436 H Masjid Salman ITB telah mempersiapkan acara-acara istimewa untuk menyemarakkan bulan yang suci ini. Dari tahun ke tahun, P3R memang selalu mengadakan berbagai acara dan pelayanan untuk jamaah Masjid Salman ITB yang tidak hanya civitas academica ITB. Banyak warga Bandung bahkan luar Bandung yang juga khusus datang ke Masjid Salman ITB guna mendapatkan ilmu dan keberkahan dari acara-acara yang diselenggarakan oleh P3R.

Diketuai oleh Handy Tri Husodo (Teknik Mesin 2012), P3R merupakan kepanitiaan yang mayoritas diisi oleh mahasiswa ITB. Tahun ini, Handy dan kawan-kawan membawa tema "Ramadhan Nusantara". Tema tersebut dipilih dengan dilatarbelakangi oleh krisis keperayaan diri umat muslim saat ini sehingga walaupun mayoritas, suasana Islam justru perlahan menghilang di Indonesia. P3R pun membawa slogan "Sucikan Hati, Menuju Indonesia Madani".

"Tema tersebut bertujuan mengungkap kembali peran para ulama dalam menyebarkan Islam di Indonesia dan impat apa yang dibawa Islam di masa itu. Sehingga ke depannya Islam dapat menjadi panutan di Indonesia ini," ungkap Handy.

Pada Sabtu (13/06/15), P3R telah mengadakan opening Ramadhan di kompleks Masjid Salman ITB mulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB. Di acara tersebut diadakan Jendela Tokoh yaitu pengenalan beberapa tokoh Indonesia, Pojok Ramadhan Nusantara yang menunjukkan budaya selama Ramadhan di berbagai wilayah Indonesia, serta bebagai stand termasuk photobooth.

"Tahun ini kami mengundang banyak tokoh bangsa. Harapannya, dari tokoh-tokoh tersebut, jamaah baik warga sekitar Salman maupun civitas ITB dapat mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh tersebut sehingga akan muncul pemimpin-pemimpin yang lahir dan dekat dengan masjid," jelas Handy.

Inspirasi Ramadhan atau Irama memang menjadi acara yang menjadi ciri khas di Masjid Salman ITB. Irama adalah acara bincang-bincang ringan dan segar bersama pembicara yang memiliki kapabilitas di tingkat nasional. Tahun ini, P3R akan menghadirkan tokoh-tokoh nasional, yaitu Adian Husaini, Amien Rais, Azwar Annas, Muliaman D. Hadad, Sugiharto, Busyro Muqoddas, Ilham Akbar Habibie, Ahmad Mansur, Salahudin Wahid, Hatta Radjasa, Abah Iwan, Ricky Elson, dan M. S. Syamsuddin.

Selain itu, khusus untuk kaum hawa, panitiajuga menyiapkan seminar keputrian Jasmine. Acara ini akan mengupas keutamaan wanita shalihah dibanding bidadari surga. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan  potensi perempuan melalui pencerdasan tentang perannya membangun generasi dan menjadi pionir kebaikan. Panitia juga mengadakan Lomba Essay dan Desain Busana Muslim Nasional khusus untuk perempuan dan akan diumumkan nanti di acara puncak seminar Jasmine.

Masih banyak lagi acara yang disiapkan oleh P3R sebagai sarana ibadah bagi jamaah Masjid Salman ITB. Ada I'tikaf, Pondok Ramadhan, Tarawih, Ramadhan on Campus, Sahur on The Road, dan pelaksanaan salat Idul Fitri. Panitia juga mengadakan ngabuburit atau kegiatan menunggu buka puasa di tiga minggu Ramadhan (17/06-06/07/15). Ada pula program khusus Para Penghafal Al-Qur'an (PPA) yang bertujuan untuk mencetak para penghafal Al-Qur'an serta membangkitkan semangat untuk menghafal Al-Qur'an di kalangan umat Islam. PPA juga membantu jamaah untuk meningkatkan kualitas bacaan dan pemahaman mengenai kandungan Al-Qur'an.

1 Ramadhan tahun ini jatuh pada esok, Kamis (18/06/15). P3R siap menyambut jamaah di Masjid Salman ITB untuk bersama-sama menyemarakkan Ramadhan Nusantara dengan semangat beribadah dan mencari ilmu. P3R juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Ramadhan 1436 H sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan demi meraih cinta dan ridha Allah.

Sumber: p3r-salmanitb.com


scan for download