Seminar EQ Menwa ITB: Explore Yourself to Empower Your Life

Oleh Lamdamatra Arliyando

Editor Lamdamatra Arliyando

BANDUNG, itb.ac.id - Resimen Mahasiswa (Menwa) ITB menggelar seminar dan pelatihan Emotional Quotient (EQ) gratis pada Sabtu (17/04/10) di ruang seminar Teknik Perminyakan ITB. Selain untuk memberikan pelatihan pada mahasiswa ITB, acara yang bertajuk "Individual Discovery Seminar 'Explore Yourself to Empower Your Life' & EQ untuk Keberhasilan dalam Studi dan Kepemimpinan" ini juga merupakan rangkaian dari penerimaan anggota baru Menwa.

Hadir sebagai pembicara pada seminar tersebut Rama Royani dan Hermanto Kosasih, alumni Batalyon I/ITB lulusan Teknik Fisika ITB. Saat ini, mereka telah menjadi motivator berkaliber nasional.

Pada sesi pertama Rama Royani atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbah Rama, memberikan pemahaman untuk lebih mengenal diri sendiri. Hal ini bertujuan memudahkan pencapaian tujuan hidup seseorang. Sebuah tes psikologi ringan dilakukan agar peserta bisa melihat potensi yang ada dalam diri mereka.

Selanjutnya, pada sesi berikutnya, Hermanto Kosasih memberikan pelatihan EQ singkat pada peserta. Hermanto memaparkan tentang peranan EQ dalam kinerja dan cara meningkatkannya.
"Di bidang sales, EQ menigkatkan penjualan, dalam kepemimpinan, EQ menurunkan tingkat konflik dan meningkatkan kerja sama tim dan produktivitasnya," seperti yang tertulis dalam slide presentasinya.

Seminar ini memberi manfaat dan pencerahan bagi para peserta yang hadir kemarin. Waldy Afuar salah satu peserta seminar mengaku banyak mendapat pelajaran dari seminar ini.
"Saya mulai menyadari potensi saya dan saya seperti merasa lebih baik sekarang. Acara yang bagus dari Menwa," aku dia.

Andz


scan for download