Teknik Geofisika ITB Perkuat Kolaborasi Internasional melalui Workshop on Moment Tensor Inversion using Gisola

Oleh Rayhan Adri Fulvian - Mahasiswa Teknik Geofisika, 2021

Editor Anggun Nindita

Teknik Geofisika ITB gelar Workshop on Moment Tensor Inversion using Gisola, Jumat (12/7/2024). (Dok. Teknik Geofisika ITB)

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar workshop dengan tema "Moment Tensor Inversion using Gisola" pada Jumat (12/7/2024) melalui Zoom Meeting.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber terkemuka dari luar negeri, sebut saja Prof. Efthimios Sokos dari University of Patras, Yunani, dan Nikolaos Triantafyllis PhD(c) dari National Technical University of Athens, Yunani.

Agenda ini dibuka oleh dari perwakilan ITB, yakni Kepala Kelompok Keahlian Geofisika Global ITB Prof. Dr.Sc. Ir. Andri Dian Nugraha, S.Si., M.Si., dan Kepala Departemen Sarjana Teknik Geofisika ITB Dr.rer.nat. David Prambudi Sahara, S.T, M.T.

Setelah sesi tanya jawab dan sesi foto, acara dilanjutkan dengan pengenalan dari University of Patras oleh Prof. Efthimios Sokos. Beliau memberikan tutorial tentang ISOLA, sebuah perangkat lunak untuk inversi moment tensor, diikuti dengan sesi tanya jawab.

Prof. Sokos menjelaskan, "ISOLA (Isolated Asperities) adalah perangkat lunak yang dikembangkan sejak tahun 2003 oleh saya dan Jiri ZahradnĂ­k. ISOLA menggunakan Matlab dan Fortran, yaitu paket 'all in one' yang mampu memodelkan sumber gempa baik pada satu titik maupun beberapa titik."


Selanjutnya, Nikolaos Triantafyllis PhD(c) memberikan presentasi dan tutorial tentang Gisola, yang diikuti dengan sesi tanya jawab dan diskusi tentang kemungkinan kolaborasi di masa depan. Gisola, yang merupakan perangkat lunak open-source, dirancang untuk mempermudah proses inversi tensor momen dengan antarmuka yang lebih user-friendly.

"Gisola adalah perangkat lunak open-source berbasis Python untuk perhitungan Moment Tensor (MT) otomatis dari kejadian gempa yang disediakan oleh FDSN Web Services secara real-time, yang diorientasikan untuk High-Performance Computing. Gisola memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan berbagai data geofisika dengan lebih efisien," ujar Triantafyllis.

Workshop ini ditutup oleh moderator dengan harapan kolaborasi lebih lanjut antara ITB dan universitas-universitas di Yunani. "Dalam workshop ini juga hadir Yehezkiel Halauwet, perwakilan dari BMKG. Harapan kedepannya untuk bisa saling kolaborasi dalam penelitian," kata Moderator.

Agenda tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam melakukan inversi moment tensor menggunakan alat-alat canggih seperti ISOLA dan Gisola, serta membuka peluang kolaborasi penelitian di masa depan.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download