Tim Essensiell Teknik Perminyakan ITB Berprestasi di International Paper Poster Competition OGIP 2024

Oleh Muhammad Tegar Dewantara - Mahasiswa Teknik Perminyakan, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

Tim Essensiell memegang papan 2nd runner up International Paper and Poster Competition 2024 OGIP 2024 pada awarding night di Candi Prambanan, Minggu (21/4/2024). (Dok: Muhammad Tegar Dewantara)

CIREBON, itb.ac.id - Tim Essensiell dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menorehkan prestasi dalam kompetisi Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2024. Dengan semangat dan dedikasi, tim meraih juara cabang Paper and Poster dengan ide inovatif yang berfokus pada keberlanjutan industri minyak dan gas.

Tim Essensiell terdiri atas tiga mahasiswa Teknik Perminyakan ITB angkatan 2021, yaitu Aura Virginia Widyafatma, Firzha Firdaus, dan Hanung Andra Pramesta. Meskipun merupakan perlombaan internasional yang diselenggarakan UPN Veteran Yogyakarta, Tim Essensiell tidak gentar berkompetisi dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Perlombaan OGIP 2024 bertema "Accelerating the Future by Innovating Technologies for Sustainability of Oil and Gas Industry Towards Net Zero Emission". Tim Essensiell mengikuti kompetisi tersebut karena tema tersebut selaras dengan karya mereka sebelumnya yang memenangkan lomba paper and poster di ajang EIC yang diselenggarakan IATMI. Mereka melihat OGIP sebagai kesempatan berkompetisi dalam skala internasional dan mengembangkan ide-ide inovatif di luar kampus ITB.

Ide yang diangkat Tim Essensiell dalam kompetisi ini adalah meminimalisasi atau mengeliminasi pembakaran flaring dengan mengalihkan associated gas dan CO2 sebagai bahan pembangkit listrik dan Enhanced Oil Recovery (EOR). Konsep ini mengurangi polusi dari flaring, mendukung strategi Indonesia dalam mencapai Net Zero Emission dan Zero Routine Flaring. Selain itu, ide ini memberikan manfaat ekonomi yang signifikan.

Persiapan tim dimulai dari tahap awal dengan fokus pada penyusunan paper dan poster, pemaksimalan waktu, dan peningkatan ilmu. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, pencapaian mereka telah memberikan pengalaman berharga. Strategi mereka ke depan adalah memperluas ilmu dan tidak ragu bertanya kepada ahli di bidangnya.

Faktor kunci kesuksesan Tim Essensiell adalah persiapan yang matang, latihan yang intens, kepercayaan diri, kemampuan public speaking, dan kerja tim yang solid. Mereka percaya persiapan yang baik adalah kunci menuju kesuksesan dalam kompetisi seperti OGIP.

Mereka berpesan kepada teman-teman mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi serupa untuk tidak pernah takut mencoba, terus memperluas ilmu, memperbanyak brainstorming, dan menemukan tim yang tepat. Mereka meyakini dengan semangat dan kerja keras, siapa pun dapat meraih prestasi yang gemilang dalam kompetisi akademik maupun nonakademik.

Reporter: Muhammad Tegar Dewantara (Teknik Perminyakan, 2021)


scan for download