Tim Petropower ITB Juara 3 Internasional Kompetisi Inception 2024 di Universitas Diponegoro

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Dari kiri: Ghifari Jauhar Yajri, I Gusti Parama Dwitya, dan Ambrosius Imanuel Dannes menjadi juara 3 pada kompetisi INCEPTION 2024 di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Sabtu (23/3/2024). (Dok. Ghifari Jauhar Yajri)

BANDUNG, itb.ac.id – Tim Petropower dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih penghargaan juara 3 pada kompetisi studi kasus Integrated Petroleum Competition (Inception) 2024 di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Sabtu (23/3/2024).

Tim ini terdiri atas Ghifari Jauhar Yajri dan Ambrosius Imanuel Dannes, mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) angkatan 2022 dan 2020, serta I Gusti Parama Dwityamaja, mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri (FTI) angkatan 2021.

Inception 2024 merupakan kompetisi studi kasus berskala internasional yang memberikan kesempatan pada mahasiswa jenjang S1 untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis dan inovatif dalam memecahkan suatu permasalahan seputar industri minyak dan gas. Tema yang diusung kali ini adalah “Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Melalui Kemajuan Teknologi untuk Mengatasi Tantangan Energi Ramah Lingkungan”.

Ghifari Jauhar Yajri, salah seorang anggota tim, menyatakan ketertarikannya pada industri minyak dan gas, yang juga menjadi motivasi utama dalam mengikuti kompetisi ini. Program studi yang linear dengan tema kompetisi memberikan momentum yang tepat bagi mereka untuk mengasah kemampuan dan memperluas jaringan dengan universitas dari berbagai negara.

Kompetisi ini berlangsung di tengah pekan Ujian Tengah Semester (UTS), sehingga manajemen waktu menjadi hambatan terbesar mereka saat berkompetisi. “Saya harus membagi waktu antara prioritas akademik dan prioritas lomba. Bagi saya, kuncinya adalah bagi waktu sehingga tidak ada yang dikorbankan di antara keduanya,” ujar Ghifari.

Dok. Ghifari Jauhar Yajri

Berkaca dari pengalaman dan evaluasi di kompetisi sebelumnya, Petropower mulai menyusun strategi untuk memenangkan kompetisi dengan cara mencari mentor lomba. Mereka mendapat bimbingan, berdialektika, dan berdiskusi langsung dengan Mohammad Galang Merdeka, S.T., M.Sc., dosen Program Studi Teknik Perminyakan. Dengan segala strategi dan persiapan, Petropower menyusun paper solusi berjudul “Eco-Conscious Hydraulic Fracturing: Revitalizing Oil and Gas Extraction Efficiency with Environmental Responsibility” yang berhasil mengantarkan mereka menempati posisi kedua dalam kompetisi INCEPTION 2024.

“Syukur alhamdulillah menjadi suatu kebanggan bagi diri saya pribadi, bisa mengharumkan nama ITB di Kota Semarang. Selain itu, kompetisi ini juga menjadi kesempatan pertama saya untuk bisa meraih Ganesha Award di bidang Ganesha Karya, penghargaan bidang inovasi, serta suatu kesempatan yang baik saya bisa belajar banyak dari lomba Inception Undip 2024 ini,” ujar Ghifari dengan semangat.

“Saran dan tip yang dapat saya berikan adalah, jangan takut untuk mencoba karena pada dasarnya semua orang punya kesempatan yang sama namun kembali lagi berani tidak menghadapi kegagalan serta bangkit lagi karena tidak jarang yang saya temui malah takut terlebih dahulu sebelum mencoba,” katanya.

Kemenangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi tim Petropower. Banyak sekali pelajaran dan wawasan yang didapatkan selama mengikuti kompetisi, mulai dari cara menulis kerangka paper dengan baik, melatih kemampuan public speaking, dan mengasah keilmuan di bidang minyak dan gas langsung melalui real case study dari case collaborator, yaitu Baker Hughes. Melalui kompetisi ini, tim Petropower dapat memaknai perjuangan, memahami pentingnya memiliki sikap pantang menyerah, serta belajar menerima keputusan yang diberikan.

Reporter: Nattaya Putri Syailendra (Rekayasa Kehutanan, 2022)


scan for download