Tingkatkan Kinerja Tutor, Asrama ITB Gelar Pelatihan Manajemen Organisasi dan Tim

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Asrama Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar webinar bagi Tutor Asrama ITB bertajuk "Manajemen Organisasi dan Tim", Senin (11/3/2024). Webinar dihadiri 93 tutor dari seluruh asrama ITB, yakni Asrama Kidang Pananjung, Asrama Kanayakan, Asrama Sangkuriang, dan Asrama Jatinangor. Adapun pemateri kegiatan tersebut adalah Certified Productivity Coach dari Productive School, Choqi Isyraqi, CPC.

Webinar ini bertujuan meningkatkan kualitas kepemimpinan dan pengelolaan tim Tutor Asrama ITB. Kepala Bidang Sumber Daya Anggota (SDA) Tutor Asrama ITB, Kevin Agriva Ginting, menyatakan, “Sebagai tutor asrama, tanggung jawab kita tidak hanya sebatas pada melaksanakan tugas pembinaan, tetapi juga mencoba membangun komunitas inklusif, kreatif, dan berdaya, untuk menunjang kegiatan-kegiatan asrama. Oleh karena itu, webinar ini juga menjadi wadah untuk para tutor mengembangkan kemampuan manajerial, komunikasi, dan kepemimpinan yang lebih efektif. Dengan demikian, kita bisa menjadi agen perubahan positif dalam lingkungan asrama ITB.”

Salah satu hal yang dibahas mengenai cara efektif manajemen tim, mulai dari komunikasi tim hingga eksekusi program. Pembicara menjelaskan bahwa sebuah tim dianggap sukses ketika berhasil mencapai tujuannya dan mampu mengembangkan potensi setiap anggotanya. Kesuksesan sebuah tim meliputi banyak faktor yang terbagi dalam beberapa tahapan. 

Tahapan pembentukan tim, yang meliputi tahap awal penentuan tujuan dan parameter yang jelas, pembentukan program berdasarkan tujuan tersebut. Tahapan pemilihan anggota tim yang sesuai dengan kebutuhan, dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Setelah itu, diikuti tahapan pembangunan lingkungan yang mendukung dan nyaman bagi seluruh anggota tim. Tahapan ini memastikan seluruh anggota tim dapat mengeluarkan seluruh potensi diri untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Komunikasi yang efektif juga menjadi kunci penting dalam menjaga kelancaran kerja tim, yang tidak hanya berkaitan dengan penyampaian informasi tetapi juga keselarasan pemikiran di antara anggota tim. Pembicara menekankan pentingnya sistem dalam mengatur alur kerja, evaluasi kinerja, dan pengembangan tim, dengan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas.

Dengan adanya webinar ini, Asrama ITB berharap tutor asrama dapat menjadi pemimpin yang lebih efektif, mampu membentuk tim yang solid, dan lebih produktif sehingga berbagai kegiatan di lingkungan asrama maupun di luar asrama kampus dapat terlaksana dengan baik dengan kemampuan manajemen yang baik.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download