Wisuda Kedua ITB 2011/2012: Wisudawan ITB Harus Miliki Karakter dan Kualitas Spiritual dalam Kemajuan Ipteks

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor Diviezetha Astrella Thamrin

BANDUNG, itb.ac.id -- Sebanyak 1184 mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di ITB mengikuti Sidang Terbuka ITB untuk Wisuda Kedua Tahun Akademik 2011/2012. Wisuda yang bertempat di Sasana Budaya Ganesha ini dilaksanakan pada Sabtu (14/04/12). Pada wisuda kali ini, ITB meluluskan 650 orang lulusan program sarjana, 515 orang lulusan program magister, dan 19 orang lulusan program doktor. Dari 1184 wisudawan tersebut, 52 orang dari program sarjana, 107 orang dari program magister, dan 5 orang dari program doktor berhasil lulus dengan predikat cum laude.

Sidang Terbuka dimulai dengan pengambilan janji lulusan ITB dengan khidmat, diikuti dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka kemudian menyampaikan sambutannya mengenai sinergi ipteks dengan etika dan karakter lulusan ITB, serta memberikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan program pendidikannya.

Akhmaloka menegaskan bahwa lulusan-lulusan ITB merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab ITB kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama ITB pada era kemajuan ipteks. Mereka juga tetap harus disertai dengan karakter dan kualitas spiritual. "Tanpa karakter dan kualitas spiritual, ipteks seolah menjadi 'senjata di tangan orang buta'," tutur Akhmaloka.

Di akhir sambutan, Akhmaloka membacakan penghargaan yang diraih insan-insan ITB pada periode Oktober 2011 hingga April 2012. Penghargaan-penghargaan tersebut diperoleh baik dalam skala nasional maupun internasional.  Salah satu penghargaan bergengsi yang berhasil diraih adalah perolehan Inspirational Idea oleh 4 mahasiswa ITB dalam kompetisi E-Idea yang diselenggarakan oleh British Council dengan ide 'Text-based Intelligent Industrial System'.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penyampaian selamat kepada wisudawan oleh Rektor ITB dan dekan fakultas masing-masing, yang didampingi oleh ketua program studi wisudawan. Jabat tangan sekaligus pendokumentasian tersebut diiringi oleh alunan gamelan oleh Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa (PSTK) ITB. Prosesi penyampaian selamat diselingi pula oleh penampilan Keluarga Paduan Angklung (KPA) ITB yang berkolaborasi dengan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB membawakan 'Panah Asmara'.

Selanjutnya, Suksmandhira Harimurti (Teknik Fisika 2007) sebagai wakil wisudawan menyampaikan kata perpisahan. Suksmandhira menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh civitas akademika ITB, serta berpesan agar kita tetap memiliki semangat untuk memberikan kontribusi yang nyata dan solutif terhadap permasalahan masyarakat dan bangsa. "Raihlah mimpi-mimpi besarmu dan jangan lupa untuk selalu berbagi kepada yang lain," tutupnya.


scan for download