Wiranto Arismunandar Cup, Kontribusi ITB untuk Memajukan Sepak Bola Usia Dini

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

Foto: Denih

BANDUNG, itb.ac.id--Kompetisi sepak bola usia dini Wiranto Arismunandar Cup ke-24 Tahun 2022 yang resmi selesai. Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menutup kompetisi tersebut secara langsung di Lapangan Sepak Bola Saraga ITB, Minggu (27/11/2022). 

Kompetisi usia dini ini diikuti oleh 32 tim dari sekolah sepak bola se-Bandung Raya dengan rincian 16 tim dari kelompok umur 10 tahun dan 16 tim dari kelompok umur 12 tahun.

Dalam acara penutupan, Rektor menyampaikan, kompetisi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi ITB untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat. Ajang olahraga seperti ini dapat membangun generasi muda yang sehat, riang, cerdas dan memiliki jiwa kompetitif yang menjunjung tinggi sportivitas, ksatria, disiplin, dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

"Budaya olahraga dan kebiasaan berprestasi perlu dibina sejak usia dini, sehingga menjadi jati diri suatu bangsa. Saya berharap dari invitasi ini akan menghasilkan bibit-bibit atlet sepakbola yang berprestasi di masa yang akan datang," kat Rektor.

Foto: Reza/Humas ITB

Prof. Reini menambahkan, olahraga ke depan akan sangat didukung oleh penguasaan sains dan teknologi lintas disiplin. ITB melalui berbagai Fakultas/Sekolah, khususnya Sekolah Farmasi melalui KK Ilmu Keolahragaan akan memegang peranan penting dalam kemajuan olahraga Indonesia. Mahasiswa melalui unit kegiatan olah raga juga harus menjadi lokomotif dalam pengembangan olahraga prestasi di ITB maupun masyarakat.

"Sungguh suatu kebanggaan bahwa Invitasi Sepakbola Usia Dini Wiranto Arismunandar Cup yang menjadi agenda rutin dapat berlangsung sukses setiap tahunnya," ujarnya.

Foto: Reza/Humas ITB

Wiranto Arismunandar Cup merupakan perhelatan sepak bola tahunan yang diprakarsai oleh Rektor ITB alm. Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME., yang menjabat periode 1988-1997 dan digelar atas kerja sama antara Sekolah Farmasi ITB, Persatuan Sepakbola ITB, UPT Saraga dan Sabuga ITB, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, PSSI Kota Bandung, serta didukung oleh Polisi Sektor Coblong.

 

Kompetisi ini digelar untuk memperebutkan Piala Bergilir Prof. Wiranto Arismunandar, Piala Tetap Rektor ITB untuk Juara I, Piala Tetap Wakil Rektor Bidang Akademik ITB untuk Juara II, Piala Tetap Kepala UPT Saraga dan Sabuga ITB untuk juara III, serta Piala Tetap Rektor ITB untuk pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan tim Fair Play.

Foto: Denih

Berikut daftar tim yang berhasil meraih gelar juara per kelompok umur:

Kelompok Umur 10

- Pemain Terbaik KU 10: Noufal Abbiyu Prayoga (SSB SASWCO)
- Pencetak Gol Terbanyak KU 10: Fazryl Rizki Putra Permana (SSB SASWCO)
- Pelatih Terbaik KU 10: Asep Purnama (SSB SASWCO)
- Team Fairplay: SSB SETIA
- Juara 3: SSB SETIA
- Juara 2: SSB SASWCO
- Juara 1: SSB SAINT PRIMA

Kelompok Umur 12

- Pemain Terbaik KU 12: Vino Alvian Avansyah (SSB UNI)
- Pencetak Gol Terbanyak KU 12: Fuji Ibrahim (SSB SETIA)
- Pelatih Terbaik KU 12: Asep Yadi (SSB UNI)
- Team Fair Play: SSB GRAHA PERMATA
- Juara 3: SSB BP APC
- Juara 2: SSB UNI
- Juara 1: SSB SETIA


scan for download