ITB Ultra Marathon Sukses Taklukan 180KM Jakarta -Bandung dan Ramaikan Pesta UMKM Mandiri

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id. – Mengawali bulan Maret, ITB bekerja sama dengan Yayasan Solidarity Forever dan didukung oleh Mandiri kembali mengadakan ITB Ultra Marathon yang dilaksanakan mulai 10-12 Maret 2023 dengan rute lari Jakarta-Bogor-Puncak-Cianjur-Bandung sepanjang 180KM. Kegiatan tahunan ITB Ultra Marathon ini untuk pertama kalinya dilaksanakan kembali secara luring di awal tahun 2023 sejak masa pandemi.

Selain sebagai penutup kegiatan, terdapat juga malam puncak selebrasi yang bertajuk A Night to Remember sebagai sarana dan wadah untuk bercengkerama dengan para alumni di malam hari tanggal 11 Maret.

Pada acara puncak 12 Maret, ada yang mencuri perhatian khalayak pada area finish event Mandiri - ITB Ultra Marathon di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), tepatnya di area parkiran Sabuga sebelah kanan gerbang finish ITB Ultra Marathon dan juga di belakang tenda untuk Title Sponsor ITB Ultra Marathon yaitu Bank Mandiri.

Terdapat hampir 243 UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) yang mendaftarkan diri untuk Pesta UMKM ini. Sebuah antusiasme yang luar biasa untuk menyambut sebuah event olah raga yang baru dibuka selepas pandemi 2 tahun belakangan ini dan menjadi sebuah pengalaman unik dibandingkan pelaksanaan ITB UM sebelumnya.

“Dengan berat hati, mempertimbangkan kemampuan lokasi parkir Sabuga dalam menampung pendatang baik itu Alumni ITB yang mengikuti lomba lari ITB UM beserta tim supportnya, para sponsor, peserta Fun Run ITB UM pun itu khalayak umum akhirnya disepakati cukup 35 tenant saja yang ditindaklanjuti,” jelas Suhanto (AE’96) sebagai ketua Pelaksana ITB UM.

35 tenant tadi mewakili kelompok UMKM Binaan Pemprov Jabar, Binaan Bank, Alumni ITB dan juga kelompok umum, yang mana pengisi utamanya menjual produk unggulan makanan, minuman dan juga produk pakaian. Tenant yang ada pun turut andil meramaikan malam puncak ITB UM bahkan hingga lewat tengah malam masih banyak peserta maupun pendukung yang berlalu-lalang di area Sabuga.

Pada Minggu pagi sekitar pukul 6, sudah ada hampir 1500 pelari yang memadati area Sabuga kembali untuk memeriahkan acara Fun Run Mandiri - ITB UM. Fun Run yang berjarak sekitar 6,4 Km melintasi Jl. Siliwangi, Cihampelas, Wastu Kencana dan Tamansari bisa diselesaikan oleh peserta sekitar 1 jam perjalanan. Selepas Fun Run, acara dilanjutkan dengan Victory Run dan juga pertunjukan musik secara langsung di panggung dan atraksi (Mamanukan dari Alumni 88, Reog dari Alumni 81, dan Sisingaan dari Alumni 94).

“Cukup puas dengan kegiatan Ultra Marathon tahun ini karena penyelenggaraannya sangat bagus. Meskipun cukup banyak kendala dan cerita menarik di sepanjang rute lari, tapi sangat menyenangkan bisa menjadi bagian dari UM tahun ini. Ke depannya pasti akan ikut kegiatan seperti ini lagi,” jawab Ilham (MG’20) sebagai salah satu peserta ITB Ultra Marathon 2022 yang termasuk dalam bagian kategori peserta R16.

Reporter: Erika Mariana (Teknik Metalurgi, 2020)
Dokumentasi: Panitia Mandiri-ITB Ultra Marathon 2022


scan for download