15.676 Peserta Akan Mengikuti UTBK 2024 di ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2024. Ujian tersebut sebagai syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Total peserta yang mendaftar UTBK di ITB tahun 2024 sebanyak 15.676 orang.

Pelaksanaan ujian di Pusat UTBK ITB akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang I pada 30 April dan 2–7 Mei 2024 serta Gelombang II digelar pada 14–20 Mei 2024.

Dalam pelaksanaannya, Pusat UTBK ITB bekerja sama dengan mitra SMAN di Kota Bandung. Dengan demikian, selain dilakukan di ITB Kampus Ganesha, ujian akan dilaksanakan di SMAN 3 Bandung dan SMAN 5 Bandung.

Adapun kapasitas maksimum peserta UTBK per sesi di Pusat UTBK ITB sebanyak 1.015 peserta, dengan pembagian di ITB sebanyak 715 peserta dan di lokasi mitra sebanyak 300 peserta.

Demi kelancaraan pelaksanaan saat hari H, peserta dapat mengecek lokasi ujian pada H-1. Hal ini memungkinkan peserta mengatur perjalanan dengan baik dan memastikan dapat tiba tepat waktu.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, hanya sekitar kurang dari dua persen peserta UTBK yang urung datang saat tes.

Untuk informasi lengkap mengenai UTBK dapat mengakses https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/informasi-umum. Sementara itu, untuk mengetahui informasi daya tampung jalur penerimaan SNBT (UTBK) di ITB dapat mengakses https://admission.itb.ac.id/info/daya-tampung-tingkat-kesulitan-relatif/.


scan for download