ITB Raih Rata-rata UTBK Tertinggi dalam SNBT 2024

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih rata-rata UTBK tertinggi dalam penerimaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

Ketua Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 Prof. Ganefri, Ph.D., mengatakan ITB menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang mendapatkan rata-rata UTBK tertinggi dengan nilai sebesar 718,73.

Peserta dengan nilai UTBK tertinggi di ITB sendiri meraih skor 855,56. Diketahui peserta SNBT tersebut memilih Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Komputasi. Kemudian ada pula peserta dengan nilai UTBK tertinggi selanjutnya yang memilih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Matematika, dengan skor 847,96.

ITB sendiri telah menerima 1.752 orang calon mahasiswa baru program sarjana melalui jalur SNBT 2024. Pengumuman kelulusan ini dapat diakses mulai Kamis (13/6/2024) pukul 15.00 WIB melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://snbp.itb.ac.id.

Calon mahasiswa yang diterima di ITB melalui SNBT 2024 tersebut merupakan peserta Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, pada gelombang 1 yang berlangsung 30 April dan 2-7 Mei 2024 dan di gelombang 2 yang berlangsung tanggal 14-20 Mei 2024.

Selain melalui SNBP dan SNBT yang dilaksanakan secara nasional oleh Lembaga Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), ITB juga menerima calon mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2024/2025 melalui Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang diselenggarakan sendiri oleh ITB. Saat ini masa pendaftaran peserta SM-ITB 2024 sedang berlangsung, mulai tanggal 24 Mei – 18 Juni 2024. Informasi mengenai pelaksanaan pendaftaran Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2024 dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

ITB juga menyelenggarakan penerimaan mahasiswa program sarjana melalui Program Sarjana-Internasional, atau yang lebih dikenal dengan nama ITB International Undergraduate Program (ITB IUP). Program ini ditujukan bagi calon mahasiswa program sarjana ITB yang ingin menempuh pendidikan tinggi dengan pengalaman Internasionalisasi, serta ditawarkan baik bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia maupun bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Pendaftaran calon peserta ITB IUP saat ini telah memasuki gelombang ke-2, pada tanggal 30 April – 23 Juni 2024. Informasi mengenai program ITB IUP dapat diperoleh di laman https://admission.itb.ac.id/home/international/undergraduate.


scan for download