2 Tahun Tak Bertemu, Mahasiswa TPB SITH dari Kampus Ganesha dan Jatinangor Akhirnya Berkumpul

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id — Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB selenggarakan Pertemuan Mahasiswa TPB SITH Sains dan Rekayasa 2021 di Lapangan Campus Center Timur ITB Kampus Ganesha, Selasa (24/5/2022). Acara tersebut bertujuan mempertemukan mahasiswa TPB SITH Program Sains dan Rekayasa tahun 2021 untuk pertama kalinya secara luring setelah dua tahun tak saling bertemu karena pandemi.

Pertemuan Mahasiswa TPB SITH dibuka dengan sambutan dari Dr. Endah Sulistyawati, selaku Dekan SITH ITB. Ia berharap, acara ini menjadi media awal untuk saling mengenal di antara sesama mahasiswa sarjana SITH, baik yang menempuh studi di ITB Kampus Ganesha maupun ITB Kampus Jatinangor. "Saya harap, Pertemuan Mahasiswa TPB SITH ini menjadi ajang silaturahmi dan awal kolaborasi bagi mahasiswa SITH Sains dan SITH Rekayasa," ujar Endah.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan staf SITH, dimulai dari pengenalan Wakil Dekan Bidang Akademik (WDA), yaitu Dr. Indra Wibowo dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya (WDS), yaitu Angga Dwiartama, Ph. D. Lalu, dilanjutkan dengan pengenalan Ketua Program Studi (Kaprodi) S-1 SITH yang terdiri dari Kaprodi Mikrobiologi, yaitu Dr. Intan Taufik, Kaprodi Biologi, yaitu Azzania Fibriani, Ph.D., Kaprodi Rekayasa Kehutanan, yaitu Dr. M. Yusuf Abduh, Kaprodi Rekayasa Pertanian, yaitu Dr. Ir. Mia Rosmiati, Kaprodi Rekayasa Kehutanan, yaitu Dr. Elham Sumarga, dan Kaprodi Teknologi Pasca Panen, yaitu Ihak Sumardi, Ph. D. Pengenalan staf diakhiri dengan pengenalan dosen-dosen muda yang akan menjadi mentor mahasiswa selama Pertemuan Mahasiswa TPB SITH kali ini.

Setelah pengenalan staf, Pertemuan Mahasiswa TPB SITH ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama staf SITH dengan mahasiswa TPB SITH Program Sains dan Rekayasa 2021. Tampak sekali antusiasme para mahasiswa saat foto bersama secara langsung untuk pertama kalinya.

Acara dilanjutkan dengan sesi mentoring mahasiswa. Mahasiswa TPB SITH 2021 dibagi menjadi beberapa kelompok, yang masing-masing kelompok dibimbing oleh dua mentor dosen muda SITH. Diharapkan, selisih umur yang tidak berbeda jauh antara mahasiswa dengan mentornya membuat mahasiswa lebih nyaman untuk berkomunikasi. Sesi mentoring diisi dengan berbagi pengalaman mentor selama menempuh studi dan curhat mahasiswa perihal suka-duka menempuh studi selama dua semester di ITB.

Sebagai penutup acara, Dr. Endah Sulistyawati menyampaikan kembali harapannya, yaitu supaya hubungan antara mahasiswa TPB SITH Program Sains dan Rekayasa tahun 2021 tidak berakhir seiring dengan berakhirnya acara ini. Hubungan yang sudah terjalin haruslah senantiasa dijaga agar nantinya mahasiswa SITH 2021 bisa berkolaborasi untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Reporter: Sabiyan Arafi (SITH-S, 2021)


scan for download