55 Tahun Berdiri, Teknik Lingkungan ITB Gelar Bincang Bersama Alumni Dalam Lustrum XI

Oleh Sitti Mauludy Khairina

Editor Sitti Mauludy Khairina


BANDUNG, itb.ac.id - Maraknya isu lingkungan kini menjadi keresahan yang dirasakan masyarakat. Teknik lingkungan hadir sebagai salah satu disiplin ilmu yang utamanya bergerak untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Hingga saat ini, Teknik Lingkungan (TL) ITB telah menghasilkan lebih dari 1500 lulusan yang tersebar di berbagai perusahaan dan institusi baik local, nasional, maupun internasional. Di tahun ke-55 ini, Teknik Lingkungan ITB mengadakan acara LUSTRUM XI dan Dies Natalis dengan mengangkat tema “Alumni Teknik Lingkungan Berkaya Untuk Indonesia” pada Sabtu-Minggu (04-05/11/17) di Kampus ITB Ganesha.

Sebagai salah satu rangkaian acara utama, Lustrum XI TL ITB menghadirkan Talkshow : Inspirasi Alumni yang dimoderatori oleh Ira Koesno. Dengan menghadirkan alumni dari berbagai latar belakang seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Basuki Hadimuljono, Menko Kemaritiman, Letjen (Pum) Luhut B. Pandjaitan, Dirut Pertamina, Elia Massa Manik, Kepala BPOM RI, Dr. Penny Kusumastuti Lukito, Anggota DPR RI, Ir. Tjatur Sapto Edy, M.T., Deputi MENPAN-RB, DR. Setiawan Wangsaatmaja, Rektor ITS, Prof. Dr. Jony Hermana, dan IATPI/BKTL PII, Ir. Rudi Yuwono, kegiatan ini menjadi ajang untuk bertukar pikiran tentang peran dan harapan alumni Teknik Lingkungan dalam keberlangsungan pembangunan Indonesia. Tak hanya itu, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, dan Ketua Ikatan Alumni ITB, Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc., Ph.D., pun turut hadir untuk memberi sambutan.



Bekerja di ranah pemerintahan sebagai pembuat kebijakan menjadi salah satu peran alumni TL dalam mewujudkan kesejahteraan di Indonesia. “Manusia seharusnya membuat perubahan yang positif. Perubahan itu ada dua, perubahan yang gradual, yang lambat, itu yang diselenggarakan oleh pendidikan. Perubahan yang cepat itu diselenggarakan oleh kekuasaan.” pungkas Tjatur saat membahas tentang betapa efektifnya kekuasaan dalam memengaruhi kondisi suatu bangsa.


Dengan diadakan talkshow ini, harapannya dapat menjadi sarana bagi peserta talkshow untuk mendapatkan pengetahuan dari kalangan professional alumni TL terkait pengalaman kerja di bidang TL atau lainnya sehingga dapat memberanikan diri masuk ke lingkungan kerja.


scan for download