AUN-ITB Summer Camp 2024: Keseruan Mahasiswa ASEAN Fun Hiking dan Menanam Benih Lestari di Gunung Geulis

Oleh Atika Widya Nurfaizah - Teknologi Pascapanen, 2021

Editor M. Naufal Hafizh

JATINANGOR, itb.ac.id - Sekolah Ilmu Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH ITB) melaksanakan fun hiking dan penanaman pohon yang diikuti sekitar 120 peserta mahasiswa di perguruan tinggi di ASEAN yang digelar di Hutan Pendidikan Gunung Geulis ITB, Rabu (24/6/2024). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Asean University Network (AUN) ITB Summer Camp 2024 dalam subtema kedua, yaitu Sustainable Bioresources Utilization and Management.

Para peserta AUN-ITB Summer Camp 2024 berasal dari berbagai negara di ASEAN, seperti Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Ichsan Suwandhi, S. Hut., M.P. dari Kelompok Keahlian Ekologi SITH yang menggarisbawahi tujuan dari kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan memperkaya biodiversitas di Gunung Geulis.

“Gunung Geulis memiliki banyak sekali tanaman dan tumbuhan yang beragam. Peserta nantinya dapat mencoba menanam beberapa jenis bibit tersebut sendiri,” ujarnya.

   

Hiking dan penanaman pohon ini dipandu mahasiswa dari Program Studi Rekayasa Kehutanan ITB yang memastikan para peserta menikmati kegiatan dengan aman dan edukatif. Sembari hiking, mahasiswa memperkenalkan tumbuhan dan tanaman yang dilewati kepada peserta. Setelah itu, peserta melanjutkan mendaki hingga mencapai titik Gunung Batu atau Rock Mountain. Titik ini menjadi tujuan akhir perjalanan hiking mereka.

Pemandangan alam yang disuguhkan di Gunung Batu memikat perhatian peserta dengan keindahannya. “Acara hiking ini cukup melelahkan, tetapi semuanya terbayar dengan pemandangan yang luar biasa,” ucap Beam, salah seorang peserta asal Thailand.

   

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Sebanyak 12 jenis pohon, di antaranya matoa, salam, dan puspa ditanam peserta dengan tujuan memperkaya keanekaragaman spesies tanaman di Gunung Geulis.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari peserta. Mereka mengaku kegiatan menanam pohon ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, mengingat berbagai fungsinya pentingnya.

May, salah seorang peserta asal Thailand, mengatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat kondisi alam yang semakin rusak akibat ulah manusia. Hari ini, saya pikir sangat baik bagi kita untuk menanam pohon sebagai upaya menyembuhkan alam.”

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen ITB untuk berkontribusi dalam konservasi lingkungan dan pendidikan, serta sebagai upaya untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dengan alam. Melalui AUN-ITB Summer Camp 2024, diharapkan para peserta dapat membawa pulang pengalaman berharga dan inspirasi untuk terus menjaga kelestarian lingkungan.

Reporter: Atika Widya Nurfaizah (Teknologi Pascapanen, 2021)


scan for download