Berlatih Jadi Jurnalis di ITB Journalist Apprentice 2012

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tim reporter web itb.ac.id, Kantor Berita ITB, akan menggelar ITB Journalist Apprentice 2012. Melalui program magang ini, mahasiswa ITB dapat memperoleh pelatihan - pelatihan jurnalistik selama tiga bulan, dan berlatih menjadi jurnalis.

Program magang jurnalistik adalah program tahunan Kantor Berita ITB. Program ini telah diselenggarakan selama lebih dari tiga tahun."Agar memaksimalkan penyampaian materi, peserta yang berminat akan diseleksi terlebih dahulu," ungkap Christanto (Sains dan Teknologi Farmasi 2009), Manajer Umum Kantor Berita ITB. Peserta yang lolos seleksi akan mendapat kesempatan mengikuti program magang.

Melalui magang, peserta akan belajar mengenai struktur organisasi sebuah unit jurnalistik, teknik persiapan peliputan, teknik mewawancara narasumber, melihat nilai berita dan menentukan sudut pandang, penulisan berita singkat (flash news), penulisan berita mendalam (fitur), serta fotografi jurnalistik.

Tidak hanya mendapat pelatihan, peserta pun bisa menerapkan materi pelatihan secara langsung. Di sela - sela pelatihan, peserta berkesempatan melakukan peliputan layaknya jurnalis profesional. Hasil tulisan peserta akan diberi masukan, dan dipublikasikan di halaman itb.ac.id.

ITB Journalist Apprentice 2012 terbuka bagi mahasiswa Sarjana ITB dari seluruh program studi. Pendaftaran dibuka hingga Senin (24/09/12).


scan for download