Branding: Formulation & Implementation in Fast Moving Consumer Goods Industries

Oleh Krisna Murti

Editor Krisna Murti

Sabtu, 19 Februari 2005, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB kembali mengadakan Guest Lecturing. Kali ini hadir Zeffry Alamsyah, General Manager Cocacola Indonesia, membawakan kuliah menarik bertajuk Branding: Formulation & Implementation in Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Industries. Acara yang dihadiri oleh sekitar 120 orang mahasiswa S1 SBM dan Master of Bussiness Administration (MBA) ITB ini, membahas mengenai strategi Cocacola dalam melakukan perang merk. Sebelum bekerja di Cocacola Indonesia, Zeffry yang lulusan dari PPM institute of Manajemen ini, pernah juga bekerja di Unilever. Karenanya dia membahas juga taktik dan strategi yang digunakan Unilever dalam menjual produknya. Gaya penyampaian Zeffry yang memadukan antara teori dan praktek melalui case-study, membuat kuliah ini mudah dicerna dan dipelajari oleh rekan-rekan S1 SBM yang belum memiliki pengetahuan yang banyak didalam marketing. Selain itu juga, banyak juga diberikan analisa hasil dari statistik dan penelitian terhadap sebuah produk, serta bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan produknya kepada publik. Topik yang dibawakannya, serta gaya penyampaian Zeffry, tampak berhasil memancing emosi peserta dalam bertanya. Bahkan ada seorang mahasiswi MBA yang memberikan banyak pertanyaan sekaligus mengenai bagaimana membuat penyampaian merek menjadi efektif. Manajer penganut ilmu dari Phillip Kottler - salah satu dari guru marketing dunia- ini, juga memberikan definisi-definisi dari istilah yang dipakainya, didalam hand-out yang sistematis, serta langkah-langkah untuk membuat suatu merek dikenal dan dipakai oleh masyarakat. Rendy Maulana