Mahasiswa ITB Cetak Prestasi dalam Petrogas Days UI
Oleh Nur Huda Arif
Editor Nur Huda Arif
Kemenangan dalam Chemical Product Design Competition
Tema yang diangkat pada kompetisi desain produk kimia ke-8 ini adalah "Advancing a Breakthrough in Sustainable Fast-Moving Consumer Goods". Mahasiswa ditantang membuat sebuah produk fast-moving consumer goods (FMCG) untuk kemudian diadu ide, inovasi, dan kreatifitasnya. ITB berhasil melangggengkan dua tim ke babak final, diantaranya adalah Tim NATORAL dengan produknya berupa mouthwash yang berbahan alami dan alcohol free dan Tim YASAS dengan produk permen penghilang bau badan. Pada awal seleksi, tim harus mengirimkan abstrak produk yang disusul dengan full paper-nya. Kemudian dari sekian banyak pendaftar, dipilih 8 tim yang berhak masuk ke babak final. Â
Tim NATORAL berhasil menyabet gelar Runner Up CPDC UI dan mengungguli Tim YASAS yang berhasil meraih gelar Juara III. Tim NATORAL menghadirkan inovasi mouthwash yang bebas alkohol dengan bahan baku terbarukan yang juga alami. Tim yang beranggotakan Luciana (Teknik Kimia 2012), Nur Huda Arif Indiarto (Teknik Kimia 2012), Widi Suganda (Teknik Kimia 2012), Theresia Dewi Inggriani (Teknik Kimia 2012), dan Alya Ghina Aqila (Sains dan Teknologi Farmasi 2012) ini membuat terobosan mouthwash yang berbahankan ekstrak daun sirih (Piper betle), glycerin, xylitol, baking soda (natrium bikarbonat), dan kalsium karbonat yang diekstrak dari cangkang telur. Ekstrak daun sirih memberikan efek anti-mikroba dalam mulut dan efek segar, glycerin membuat mouthwash lebih viscos dan manis sehingga memberikan sensasi tersendiri ketika digunakan, lalu xylitol yang menjadi pemanis yang baik untuk gigi sekaligus pengawet alami, baking soda yang mampu memutihkan gigi, serta komposisi moutwash ini kemudian dilengkapi dengan kalsium karbonat dari cangkang telur yang menggembalikan kalsium dari gigi sehingga memperkokoh kekuatan gigi. Mouthwash ini diberi nama "NatOral" dari kata natural dan oral dengan motto "Bring your mouth to life NatORal-ly".
Tim NATORAL menghadirkan konsep natural dan sustainability dengan menggunakan bahan alami Indonesia (daun sirih) sebagai zat aktifnya dan bahan limbah terbarukan (cangkang telur). Ide produk ini berangkat dari kebiasaan orang tua terdahulu, yaitu penggunaan daun sirih untuk menginang. Adanya limbah cangkang telur yang tidak termanfaaatkan dengan baik serta banyaknya mouthwash berbahan dasar alkohol yang memberikan efek samping pada saat penggunaan. Mouthwash yang alcohol free ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mouthwash yang beredar saat ini karena pelarutnya berupa air. Mouthwash ini juga ingin memberikan pilihan produk mouthwash yang bebas alkohol dimana sebagian orang merasa tidak nyaman menggunakan alkohol.
Tim YASAS yang beranggotakan Yessica Mesgistriani (Teknik Kimia 2012), Aulia Dwi Cahyani (Teknik Kimia 2012), Saumi Febrianti K. (Teknik Kimia 2012), Anita Fajrin (Teknik Kimia 2012), dan Syuga Oktavia (Teknik Kimia 2012), membuat inovasi permen jelly yang nikmat, alami, dan berkhasiat. Produk yang memiliki motto "Edible Antiodor Product from Beluntas Extract" ini berbahan dasar ektrak daun dan batang beluntas (Pluchea indica) yang mengandung senyawa aktif fenolik dan flavonoid, air, gula, gelatin, asam sitrat, dan essence melon (perasa melon). Permen jelly yang diberi nama "Marsh Jelly" ini memiliki khasiat untuk mengurangi bau pada mulut, badan, dan keputihan.
Produk dari kedua tim tersebut dipamerkan dalam product exhibition di Fakultas Teknik UI dan ditampilkan dalam advertisement video yang diunggah dalam website youtube oleh akun panitia PETROGAS DAYS. Banyak tanggapan positif mengenai kedua produk tim ITB tersebut selama product exhibition yang diselenggrakan dalam satu hari. Tim NATORAL dan YASAS juga melakukan presentasi didepan dewan juri yang berasal dari dosen dan kalangan professional seperti BASF, Nutrifood, dan Nelco. Dalam presentasi, setiap tim menyuguhkan keunggulan produknya baik dari segi ide, inovasi, keunggulan, dan ekonomi. Dewan juri juga mengapresiasi dan memberikan masukan menggenai penggembangan konsep dan marketing dari produk kedepannya.