Buat Aplikasi Belanja Virtual, Mahasiswi Farmasi ITB Juara Nasional L’Oréal Brandstorm 2021
Oleh Adi Permana
Editor Adi Permana
BANDUNG, itb.ac.id – Tim Get This Look! yang beranggotakan mahasiswi ITB menjadi juara nasional lomba L’Oréal Brandstorm 2021. Giselza Satya Kusmaharani, mahasiswi Sekolah Farmasi Angkatan 2020 bersama dua rekannya Alea Najla (Computer Science, Universitas Bina Nusantara) dan Veronica Lila (Business, Universitas Prasetiya Mulya) jadi pemenang pertama hasil kolaborasi antaruniversitas di lomba itu. Tim Get This Look! menjadi juara nasional setelah melewati presentasi di tingkat nasional pada 8 April 2021.
L’Oréal Brandstorm 2021 mengangkat tema Invent the Beauty Shopping Experience Through Entertainment untuk mengeksplor kapasitas niaga-el (e-commerce) di dunia kecantikan. “Kompetisi ini sejalan dengan filosofi L’Oréal yaitu innovation, entrepreneurship, dan excellence dalam menciptakan kecantikan yang universal. Berdasarkan tema tersebut dan hobi kami yaitu menonton drama korea, kami mendapatkan ide untuk membuat aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk belanja secara langsung melalui ketertarikan terhadap 'look' karakter dalam drama Korea tersebut yaitu dengan aplikasi Get This Look!,” ujar Giselza, anggota tim kepada reporter Humas ITB.
Dengan aplikasi tersebut, para movie dan beauty enthusiast dapat menonton sekaligus mencari informasi dan berbelanja. Ketika wajah para karakter pada platform siaran langsung diklik, platform tersebut akan segera mengarahkan pengguna ke aplikasi Get This Look! untuk belanja produk yang digunakan oleh karakter tersebut.
“Kami melihat sampai saat ini kebanyakan aplikasi lebih mengarah kepada fashion, sedangkan kami lebih berfokus pada beauty dan make-up. Aplikasi kami juga dapat memberi alternatif shades dan harga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan user, serta virtual try on di ‘Try This Look!’ sehingga user dapat melihat kecocokan secara langsung dengan wajah aslinya. Tujuan lain dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi stres saat pandemi dengan meningkatkan self-love. Kepercayaan diri pengguna dapat meningkat dengan adanya fitur ‘Share Your Look!’ di mana user dapat mengunggah foto dengan penampilan mereka masing-masing,” ujarnya.
Dalam kompetisi L’Oréal Brandstorm 2021 ini, mereka harus bersaing dengan kurang lebih 1.500 peserta untuk menjadi juara. “Kami datang dari universitas yang berbeda sehingga terdapat kendala perbedaan jadwal, pengaturan waktu dengan kewajiban akademik kami, serta diskusi yang tidak bisa dilakukan secara langsung dan harus memanfaatkan teknologi untuk meeting online,” tambah Giselza.
Tim Get This Look! saat ini tengah berjuang untuk merealisasikan dan mengembangkan ide mereka dengan cara melakukan pendampingan serta research lebih dalam dan memperluas aplikasi tersebut untuk diaplikasikan pada jenis film lain seperti Hollywood, Bollywood, hingga Anime.
“Kami tidak berharap banyak, namun selalu berdoa dan berusaha agar Get This Look! dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga seluruh dunia. Kami juga ingin menginspirasi banyak orang melalui karya kami, bahwa umur tidak menjadi batasan seseorang untuk berimajinasi. Selain itu, diharapkan kepercayaan diri dan self-love para pengguna dapat meningkat dengan menggunakan aplikasi kami,” tutupnya.
Reporter: Christopher Wijaya (Sains dan Teknologi Farmasi, 2016)