Dari Ide Kampus ke Terobosan Bisnis: ParagonCorp Open House untuk Lulusan ITB

Oleh Muhamad Ramdhani Husaini Fikri - Mahasiswa Teknik Kimia, 2020

Editor M. Naufal Hafizh

JAKARTA, itb.ac.id - PT Paragon Technology and Innovation menggelar “ParagonCorp Open House for ITB: From Campus Ideas to Business Breakthroughs”, di Kantor Pusat PT Paragon Technology and Innovation, Jalan Swadarma Raya, Kampung Baru IV, Jakarta, Jumat (11/10/2024). Kegiatan ini khusus diselenggarakan bagi lulusan baru Institut Teknologi Bandung (ITB) guna memperoleh pengetahuan mengenai karier, khususnya di bidang FMCG. Lebih dari 120 peserta hadir secara langsung mengikuti kegiatan.

HR Business Partner dan HRIS dari PT Paragon Technology and Innovation Alifah Zahra memberikan motivasi kepada peserta dalam meniti karier di masa depan. Dia berpesan bahwa peran generasi muda sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan, terutama bidang FMCG yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan zaman. Beliau mengajak peserta memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan insight sebanyak-banyaknya, terlebih ini merupakan open house pertama tahun ini khususnya untuk fresh graduate ITB," ujarnya.

Setelah itu, peserta disajikan video profil perusahaan yang memberikan gambaran lengkap mengenai sejarah dan perkembangan PT Paragon Technology and Innovation. Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation Dr. Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. merupakan alumnus Sekolah Farmasi ITB yang mendirikan perusahaan ini. Beliau awalnya mendirikan perusahaannya dengan nama PT Pusaka Tradisi Ibu sebelum berganti nama menjadi PT Paragon Technology and Innovation.

PT Paragon Technology and Innovation kemudian memulai langkahnya dengan brand “Putri”. Lalu, pada tahun 1995, mereka memperkenalkan brand Wardah yang kemudian menjadi pionir kosmetik halal di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, PT Paragon Technology and Innovation merilis brand lain, seperti Make Over pada 2010, Emina Cosmetics pada 2015, hingga Kahf pada tahun 2020. Hingga saat ini, terdapat total 14 brand dari PT Paragon Technology and Innovation yang memperkuat posisinya di industri kosmetik nasional.

Usai menyimak pengenalan singkat, peserta diajak melakukan office tour di beberapa area kantor. Pada kesempatan ini, peserta melihat langsung rutinitas karyawan yang sedang bekerja di lingkungan kantor. Selain itu, peserta diperkenankan melihat sejumlah fasilitas yang lainnya.



Sesi berikutnya adalah sharing session bersama Group CEO PT Paragon Technology and Innovation Harman Subakat. Beliau menceritakan perjalanan PT Paragon Technology and Innovation yang dimulai dari usaha kecil hingga menjadi salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Beliau menjelaskan bagaimana hubungan harmonis antara PT Paragon Technology and Innovation dan ITB yang sudah berjalin sejak lama.

“Paragon punya sejarah dengan ITB karena sejak awal kami sudah bekerja sama dalam merekrut generasi muda dari kampus ITB,” ujarnya.

Selain itu, peserta berkesempatan mengikuti sesi diskusi dalam kelompok kecil bersama alumni ITB yang kini berkarier di PT Paragon Technology and Innovation. Dalam sesi ini, peserta dapat bertanya langsung dan mendapatkan wawasan seputar dunia kerja di tempat tersebut secara mendalam.

Menjelang akhir acara, peserta mengikuti sesi dialog dengan psikolog yang difasilitasi langsung Tim Paragon Profiling Center. Peserta diberi kesempatan untuk mengenal diri mereka lebih dalam melalui DISC assessment yang kemudian dikonsultasikan dengan fasilitator yang ada.

Reporter: Muhamad Ramdhani Husaini Fikri (Teknik Kimia, 2020)

#kerja sama #kolaborasi #bisnis #paragon #open house #alumni